Pengaruh Ketelitian Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Materi Pokok Ikatan Kimia Peserta Didik Kelas X IPA SMAN 1 Kupang Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019

AGE, Hendrika (2019) Pengaruh Ketelitian Dan Motivasi Intrinsik Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Materi Pokok Ikatan Kimia Peserta Didik Kelas X IPA SMAN 1 Kupang Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (307kB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dicirikan dengan demokrasi dan peran aktif siswa dalam menentukan apa yang harus dipelajari dan bagaimana mempelajarinya. Model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together merupakan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa melalui tahapantahapan penomoran,bertanya, berpikir bersama dan menjawab. Masaalah pokok dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah efektivitas pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) materi pokok ikatan kimia kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019? (2) Bagaimanakah ketelitian siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019? (3) Bagaimanakah motivasi intrinsik siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019? (4) Adakah hubungan antara ketelitian dan motivasi intrinsik siswa terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) materi pokok ikatan kimia siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh antara ketelitian dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) materi pokok ikatan kimia siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019? Tujuan utama penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) materi pokok ikatan kimia siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019 (2) Mengetahui ketelitian siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun pelajaran tahun ajaran 2018/2019. (3) Mengetahui motivasi intrinsik siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun pelajaran tahun ajaran 2018/2019. (4) Mengetahui hubungan antara ketelitian dan motivasi intrinsik siswa terhadap hasil belajar kimia dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) materi pokok ikatan kimia siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019 (5) Mengetahui pengaruh antara ketelitian dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) materi pokok ikatan kimia siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019. Dari Analisis data dipeoleh: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT) efektif pada materi pokok ikatan kimia siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah (2) Ketelitian siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 83 (3) Motivasi intrinsik siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 86 (4) Adanya hubungan antara ketelitian dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) materi pokok ikatan kimia siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019, yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,91 dan nilai koefisien determinansi (D) = 28,09%, serta nilai ≥ atau 5,80 ≥ 3,29 (5) Adanya pengaruh antara ketelitian dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) materi pokok ikatan kimia siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Kupang Tengah tahun ajaran 2018/2019, dengah hasil penelitian menunjukan pengaruh ketelitian dan motivasi intrinsik terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 343,9 + 0,11(X1) + 0,33(X2) dan nilai F hitung ≥ F tabel atau 3,68 ≥ 3,33.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Ketelitian, Motivasi Intrinsik,Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 24 Jan 2020 03:18
Last Modified: 24 Jan 2020 03:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1378

Actions (login required)

View Item View Item