NONTE, Quinaldo Putra (2023) Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Pada Simpang Tiga Jl.W.J.Lalamentik - Jl.Soverdi Dan Simpang Tiga Jl.Frans Lebu Raya - Jl.Soverdi. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (394kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (351kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (824kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (855kB) |
Abstract
Simpang tiga Jalan W.J.Lalamentik dan Jalan Frans Lebu Raya, merupakan salah satu simpang tak bersinyal yang lalu lintasnya cukup ramai. Konflik yang terjadi pada simpang tersebut diakibatkan oleh gerakan kendaraan yang akan masuk maupun keluar. Proses keluar masuknya kedaraan pada persimpangan tersebut mengakibatkan terjadinya penumpukan kendaraan yang menyebabkan kemacetan pada simpang tersebut. Berdasarkan permasalahan yang terjadi pada persimpangan ini makan di lakukan penelitian untuk mengetahui besarnya nilai derajat kejenuhan, tundaan dan peluang antrian, tingkat pelayanan simpang, jumlah sebaran pergerakan (Trip Distribution), dapat menentukan solusi dan penanganan yang tepat. Data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data primer yang terdiri dari data volume lalu lintas, hambatan samping, kondisi geometrik dan volume keluar masuk kendaraan. Sedangkan untuk data sekunder terdiri dari data jumlah Penduduk Kota Kupang dan peta lokasi di sekitaran simpang. Dari hasil penelitian dan analisis yang telah di lakukan maka dapat hasil untuk simpang tak bersinyal Jl.W.J.Lalamentik berdasarkan hasil perhitungan pada arus maksimal di dapat hasil nilai derajat kejenuhan sebesar 0,77, tundaan 12,57 det/smp, peluang antrian untuk batas atas 47,68 % dan untuk batas bawah 23,87 % dengan tingkat pelayanan D (Kurang). Sedangkan untuk simpang tak bersinyal Jl.Frans Lebu Raya berdasarkan hasil perhitungan pada arus maksimal di dapat hasil nilai derajat kejenuhan sebesar 0,61, tundaan sebesar 10,45 det/smp, peluang antrian untuk batas atas sebesar 32,78 % untuk batas bawah sebesar 15,59 % dan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,61 dengan tingkat pelayanan C (Sedang). untuk total sebaran pergerakan kendaraan ringan dan sepeda motor di dapat total perjalanan sebesar 1746 kend/hari. Pada persimpangan ini salah satu faktor penyebab kemacetan yakni di sebabkan oleh hambatan samping yang di akibatkan oleh kendaraan yang parkir sembarangan di bahu jalan sehingga kendaraan yang akan masuk maupun keluar sulit untuk bermanuver maka dari itu rekomendasi yang dipilih untuk mengurangi masalah kemacetan pada simpang ini yakni dengan melakukan pemasangan rambu larangan parkir pada sisi jalan W.J.Lalamentik dan sisi jalan Soverdi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Derajat Kejenuhan, Tundaan, Peluang Antrian, Tingkat Pelayanan, Sebaran Pergerakan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | S.T Quinaldo Putra Nonte |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 13:19 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 13:19 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/13878 |
Actions (login required)
View Item |