Pola Komunikasi Interpersonal Antara Petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Dengan Anak Didik Pemasyarakatan (Andik Pas) Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas Ia Kupang.

ATOK, Anastasia I. (2019) Pola Komunikasi Interpersonal Antara Petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Dengan Anak Didik Pemasyarakatan (Andik Pas) Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas Ia Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (86kB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Pola Komunikasi Interpersonal Antara Petugas Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) dengan Anak Didik Pemasyarakatan (Andik Pas) Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas IA Kupang” Lembaga Pembinaan Klas IA Kupang merupakan salah satu pusat rehabilitasi dan pembinaan Andik Pas yang ada di Indonesia. Dalam menjalani masa tahanan, Andik Pas mendapat pembinaan dengan harapan dapat menyadarkan mereka atas kesalahan, menyesali, memperbaiki diri serta tidak mengulangi tindak pidana. Ada tiga model pembinaan yang berlangsung di LPKA Klas IA Kupang yaitu program pembinaan kepribadian, program pembinaan kerohanian dan program pembinaan ketrampilan. Pada ke tiga program ini sangat diperlukan komunikasi interpersonal yang terjadi antara Pembina dan Andik Pas agar program pembinaan berjalan dengan baik. Masalah pokok yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi yang terjadi antara Pembina dengan Andik Pas dalam ketiga program pembinaan yang terjadi di LPKA Klas IA Kupang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan pengetahuan tentang pola komunikasi interpersonal antara Pembina dengan Andik Pas dalam ke tiga program pembinaan yang dilaksanakan di LPKA Klas IA Kupang. Kerangka konsep ditelusuri melalui konsep komunikasi interpersonal dan Lembaga Pembinaan. Selanjutnya data akan dianalisis pada empat jenis pola komunikasi interpersonal yaitu pola primer, pola sekunder, pola linear dan pola sirkular anatara Pembina dengan Andik Pas dalam ke tiga program pembinaan. Dari hasil analisis dan interpretasi menunjukan bahwa pada aspek pola komunikasi interpersonal antara Pembina dengan Andik Pas dalam program pembinaan kepribadian, ketrampilan dan kerohanian di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas IA Kupang melibatkan jenis pola komunikasi interpersonal yaitu pola primer dimana Pembina dalam proses pembinaan dengan Andik Pas menggunakan media atau sarana untuk berkomunikasi, pola sekunder dimana Pembina menggunakan media sebagai media kedua setelah menggunakan komunikasi langsung, pola sirkular dimana dalam proses pembinaan terjadinya feat back atau umpan balik antara Pembina dengan Andik Pas dan pola linear dimana jenis pola ini terjadi di awal pertemuan antara Pembina dan Andik Pas disaat Andik Pas memasuki LPKA Klas IA Kupang. Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan akhir bahwa proses pembinaan yang terjadi di LPKA Klas IA Kupang antara Pembina dengan Andik Pas melibatkan pola komunikasi interpersonal dengan menggunakan dua jenis pola komunikasi interpersonal yaitu pola primer dan pola sirkular.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 24 Jan 2020 01:49
Last Modified: 24 Jan 2020 01:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1398

Actions (login required)

View Item View Item