Pengaruh Kemampuan Numerik Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Laju Reaksi Yang Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Siswa Kelas XI MIA I SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

SUSAR, Hendriana M. Y. (2017) Pengaruh Kemampuan Numerik Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Pokok Laju Reaksi Yang Menerapkan Pendekatan Discovery Learning Pada Siswa Kelas XI MIA I SMA Negeri 4 Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
KOVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1.pdf

Download (235kB)
[img] Text
1.pdf

Download (235kB)
[img] Text
2.pdf

Download (784kB)
[img] Text
3.pdf

Download (882kB)
[img] Text
4.pdf

Download (938kB)
[img] Text
5.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta empirik dalam proses belajar mengajar maupun hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti di SMA Negeri 4 Kupang. Pendekatan Discovery Learning merupakan suatu teknik atau strategi pembelajaran yang digunakan guru untuk merangsang peserta didik untuk lebih aktif mencari, meneliti serta menemukan sendiri pemecahan masalah tentang pengetahuan yang sedang dipelajari. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan pendekatan Discovery Learning pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui kemampuan numerik dan motivasi belajar siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 4 Kupang. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kemampuan numerik dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 4 Kupang. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan numerik dan motivasi belajar dengan hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 4 Kupang dan sampel adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan kemampuan guru mengelolah pembelajaran, lembar observasi dan lembar angket penilaian diri sikap spiritual (KI 1) dan sikap sosial (KI 2), tes hasil belajar berupa kuis, tugas dan ulangan untuk aspek pengetahuan (KI 3), lembar observasi psikomotor, lembar observasi presentasi, lembar observasi portofolio dan THB proses untuk aspek ketrampilan (KI 4), soal tes kemampuan numerik dan lembar angket motivasi belajar. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pendekatan discovery learning efektif terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2017/2018. (2a) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi dengan korelasi pearson product moment (r) 0.48 yang masuk dalam tingkat hubungan yang kuat dan memberi kontribusi sebesar 24,33%. (2b) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi dengan korelasi pearson product moment (r) 0.33 yang masuk dalam tingkat hubungan yang cukup kuat dan memberi kontribusi sebesar 10,89%. (2c) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dan motivasi belajarpeserta didik dengan hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi dengan korelasi 0.53 yang masuk dalam tingkat hubungan yang kuat dan memberi kontribusi sebesar 30.19 %. (3a) Ada pengaruh kemampuan numerik yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi dengan persamaan regresi yang diperoleh Ŷ = 73.93+0.188(X1). (3b) Ada pengaruh motivasi belajar yang signifikan terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi dengan persamaan regresi yang diperoleh Ŷ = 76.032+ 0.100 (X2). (3c) Ada pengaruh kemampuan numerik dan motivasi belajar siswa yang signifikan terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan pendekatan discovery learning pada materi pokok laju reaksi dengan nilai regresi 0.51 dan memberikan kontribusi terhadap hasil belajar sebesar 26.72% dengan persamaan regresi Ŷ = a+b1X1+b2 X2= 70.054 + 0.105(X1)+ 0.065 (X2).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan numerik, Motivasi belajar, Pendekatan Discovery Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 29 Jan 2020 00:33
Last Modified: 29 Jan 2020 00:33
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1444

Actions (login required)

View Item View Item