Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Fatuleu

SEDA, Eleanora Natu (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Fatuleu. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (129kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini yaitu tentang bagaimana pelaksanaan model pembelajaran dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together pada sub pokok bahasan fungsi komposisi dan fungsi invers di SMA Negeri 1 Fatuleu tahun ajaran 2016/2017. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap prestasi belajar matematika siswa pada sub pokok bahasan fungsi komposisi dan fungsi invers di SMA Negeri 1 Fatuleu tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IPS4 SMA Negeri 1 Fatuleu tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang siswa yang dipilih secara acak dari 4 kelas yang tersedia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan tes prestasi belajar siswa sebanyak 35 butir soal berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil observasi, hasil wawancara, pencapaian indikator dan uji-t. Berdasarkan hasil observasi, hasil wawancara dan pencapaian indikator, didapatkan prestasi belajar siswa tergolong baik. Sedangkan berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan thitung = 32,515 dan ttabel = 2,045 pada taraf signifikansi 5% yang berarti thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap prestasi belajar matematika siswa XI IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 30 Jan 2020 01:33
Last Modified: 30 Jan 2020 01:33
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1463

Actions (login required)

View Item View Item