Multimedia Pembelajaran Pengenalan Rangka dan Panca Indra Manusia Pada Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Naibonat

LUDUNG, Marlinda Feliandra Prastini (2017) Multimedia Pembelajaran Pengenalan Rangka dan Panca Indra Manusia Pada Siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Naibonat. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (484kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (15kB)

Abstract

Pembelajaran rangka dan panca indra manusia pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Naibonat masih menggunakan metode ceramah yaitu materi pelajaran hanya dijelaskan oleh guru dan siswa hanya mendengarkan, selain itu juga tidak tersedia alat peraga di kelas yang membantu siswa memahami materi pelajaran, dan guru hanya berpedoman menggunakan buku pegangan untuk menjelaskan materi pelajaran, sehingga pembelajaran terasa membosankan dan kurang menarik. Hal ini dapat dibuktikan dengan menurunnya jumlah keberhasilan siswa pada materi rangka dan panca indra manusia tahun ajaran 2014/2015, dari 65 siswa terdapat 30 siswa tidak tuntas dan tahun ajaran 2015/2016 ketuntasan menurun dari 65 siswa terdapat 36 siswa tidak tuntas. Oleh karena itu, perlu dibangun aplikasi multimedia pembelajaran pengenalan rangka dan panca indra manusia pada siswa kelas IV SDN Naibonat yang interaktif dan menarik sehingga mempermudah proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah pengembangan multimedia dengan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa rancangan aplikasi multimedia. Langkah-langkah dalam metode perancangan meliputi : (1) Concept (Konsep), (2) Design (Perancangan), (3) Material Collecting (Pengumpulan Bahan), (4) Assembly (Pembuatan), (5) Testing (Pengujian), (6) Distribution (Distribusi). Hasil pengujian dari aplikasi ini menunjukkan bahwa terdapat 29 orang responden siswa memberikan hasil akhir Sangat Baik (SB) dan 1 orang memberikan hasil akhir Baik (B) dan 2 orang responden guru memberikan hasil akhir Sangat Baik (SB), sehingga aplikasi ini dapat dijadikan media pembelajaran alternatif untuk mempermudah proses pembelajaran sehingga menjadi lebih interaktif, efisien dalam waktu dan tenaga, serta mengatasi sikap pasif siswa dalam belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Rangka dan Panca Indra Manusia, SDN Naibonat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Ilmu Komputer
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 30 Jan 2020 03:15
Last Modified: 30 Jan 2020 03:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1464

Actions (login required)

View Item View Item