PALU, Verena Anastasia (2023) Analisis Komparasi Kinerja PT. Hanjaya Mandala Sampoerna TBK dan PT. Gudang Garam TBK Yang Terdaftar di Bei dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard (BSC). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (550kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (146kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (802kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (134kB) |
Abstract
Verena Anastasia Palu (32119075), dengan judul penelitian “Analisis Komparasi Kinerja PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk dan PT. Gudang Garam Tbk Yang Terdaftar Di BEI Dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard (BSC)” di bawah bimbingan Ibu Dr. Henny A. Manafe, SE, MM selaku pembimbing I dan Bapak Drs. Ec. Gaudensius Djuang, MM selaku pembimbing II. PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk dan PT. Gudang Garam Tbk adalah dua perusahaan rokok terkemuka di Indonesia, yang produknya telah dikenal luas oleh masyarakat. Kedua perusahaan ini terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), yang mana data keuangannya telah tersedia. Dilihat dari data keuangan laba bersih kedua perusahaan ini selalu mengalami fluktuasi selama lima tahun, yaitu dari tahun 2017-2021. Masalah dalam penelitian ini, yakni: Bagaimana gambaran kinerja PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk dan PT. Gudang Garam Tbk dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard (BSC) periode 2017-2021?, dan faktor-faktor apa yang membedakan kinerja PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk dan PT. Gudang Garam Tbk?. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui gambaran kinerja PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk dan PT. Gudang Garam Tbk dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard (BSC) periode 2017-2021, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang membedakan kinerja PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk dan PT. Gudang Garam Tbk . Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif, sumber data yang digunakan adalah data sekunder, dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, serta Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengukuran kinerja dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard (BSC) yang diukur dengan empat perspektif, yakni perspektif Keuangan dengan alat ukur ROE, ROA, dan TATO. Perspektif pelanggan dengan alat ukur retensi dan Profitabilitas pelanggan, perspektif proses bisnis internal dengan alat ukur operating profit, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dengan alat ukur produktivitas karyawan. Hasil analisis kinerja perusahaan dengan pendekatan balanced scorecard (BSC), menggunakan empat perspektif, yaitu pada perspektif keuangan dapat dilihat bahwa penilaian rata-rata kinerja ROE PT. H.M. Sampoerna Tbk masih lebih baik dari PT. Gudang Garam Tbk, dan dilihat dari penilaian rata-rata ROA dan TATO PT. Gudang Garam Tbk masih lebih baik dibandingkan PT. H.M. Sampoerna Tbk. Pada perspektif pelanggan dilihat bahwa rata-rata penilaian retensi pelanggan PT. Gudang Garam Tbk masih lebih baik dari PT. H.M. Sampoerna Tbk, dan dilihat dari rata-rata penilaian profitabilitas pelanggan PT. H. M. Sampoerna Tbk masih lebih baik dibandingkan PT. Gudang Garam Tbk. Pada perspektif proses bisnis internal dilihat bahwa rata-rata penilaian operating profit PT. Gudang Garam Tbk kinerjanya masih lebih baik dari PT. H.M. Sampoerna Tbk. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran dilihat bahwa rata-rata penilaian produktivitas karyawan PT. Gudang Garam Tbk kinerjanya masih lebih baik dari PT. H.M. Sampoerna Tbk. Dimana berdasarkan hasil analisis kinerja PT. H.M. Sampoerna dan PT. Gudang Garam Tbk yang diukur menggunakan empat perspektif dalam balanced scorecard (BSC) periode 2017 sampai 2021, menunjukkan bahwa PT. Gudang Garam Tbk kinerjanya lebih baik dibandingkan kinerja PT. H.M. Sampoerna Tbk. Disarankan bagi PT. H.M. Sampoerna Tbk dan PT. Gudang Garam Tbk mengenai kinerja keuangan, perusahaan harus mengelolah aset secara efisien dan efektif, seperti mencegah pembelian yang berlebihan, membuat penyusunan anggaran yang jelas, memonitor penyusunan aset, dan mengetahui status dan kondisi aset. Untuk kinerja non keuangan dalam perspektif pelanggan, kedua perusahaan harus memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, seperti memberikan sapaan yang ramah, responsif dan reaktif, kesediaan melayani pelanggan, tidak rasial, dan melakukan survei dan evaluasi. Pada perspektif proses bisnis internal, kedua perusahaan perlu untuk terus mengidentifikasi masalah, merancang solusi, dan mengukur dampaknya, di mana fokus pada efisiensi, kualitas, dan inovasi. Serta pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, kedua perusahaan harus meningkatkan keterampilan dan keahlian karyawan dalam perusahaan, seperti memberikan pelatihan atau training, mentoring karyawan, memberikan pembinaan, memberikan Pendidikan formal dan non formal, serta menyelenggarakan program uji kompetensi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | S.M Verena Anastasia Palu |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 00:35 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 00:35 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/14711 |
Actions (login required)
View Item |