Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tidak Tercapainya Standar Pelayanan Minimal Pada Rsud Prof Dr. W. Z Johanes Kupang

OWA, Heribertus Y. Lobo (2019) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tidak Tercapainya Standar Pelayanan Minimal Pada Rsud Prof Dr. W. Z Johanes Kupang. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (521kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (376kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (201kB)

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Faktor – faktor apakah yang menyebabkan belum tercapainya penerapan Standar Pelayanan Minimala pada RSUD Prof Dr. W. Z. Johannes Kupang? (2) Bagaimana upaya dalam meningkatkan Standar Pelayanan Minimal pada RSUD Prof Dr. W. Z. Johannes Kupang?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan belum tercapainya penerapan Standar Pelayanan Minimal pada RSUD Prof Dr. W. Z. Johannes Kupang. (2)Untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan Standar Pelayanan Minimal pada RSUD Prof Dr. W. Z. Johannes Kupang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan cara wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) faktor yang menyebabkan rendahnya capaian SPM rumah sakit pada RSUD Prof Dr. W. Z.Johanes Kupang ialah masih kurangnya kuantitas dan kualitas SDM, peralatan, sarana dan prasarana kesehatan, kurangnya mutu sumber daya tenaga kesehatan yang memadai dari segi pengetahuan dan ketrampilan, kurang koordinasi antara pimpinan dalam melaksanakan tiap indikator layanan, kurangnya evaluasi dan dana yang berkaitan dengan indikator layanan yang belum maksimal pelayanannya, masih adanya budaya masyarakat menunggu kondisi parah untuk memeriksa kesehatan di rumah sakit, dan proses pelayanan yang terlalu rumit. Minmnya informasi masyarakat berkaitan dengan SPM rumah sakit. Yang kedua (2)upaya yang harus dilakukan adalah harus adanya kontrol dengan memperlakukan mekanisme hingga tercapai hasil kinerja yang maksimal, melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan setiap indikator kinerja SPM, meningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga kesehatan, peralatan, sarana dan prasrana kesehatan setiap indikator layanan. Dari hasil analisis tersebut maka disarankan kepada pihak RSUD Prof Dr. W. Z. Johanes Kupang yaitu perlu meningkatkan kuantitas dan kualitas tenaga kesehatan, peralatan, sarana dan prasarana kesehatan, meningkatkan mutu sumber daya tenaga ke sehatan dari segi pengetahuan dan keterampilan, memberikan sosialisasi atau penyuluhan terkait indikator yang ada dalam SPM rumah sakit. Bagi masyarakat perlu berpartisipasi dan berperan aktif untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan dengan melakukan pemeriksaan di RSUD Prof Dr. W. Z. Johanes Kupang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Standar Pelayanan, Standar Pelayanan Minimal, Rumah Sakit
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Andreas M. Pati
Date Deposited: 01 Feb 2020 01:23
Last Modified: 01 Feb 2020 01:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1491

Actions (login required)

View Item View Item