Pengaruh Fasilitas , Kualitas Pelayanan Dan Peran Media Sosial Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Taman Wisata Alam 17 Pulau Di Kecamatan Riung Kabupaten Ngada

RATO, Yohanes Ronaldo Dheo (2023) Pengaruh Fasilitas , Kualitas Pelayanan Dan Peran Media Sosial Terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Taman Wisata Alam 17 Pulau Di Kecamatan Riung Kabupaten Ngada. Masters thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (879kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (577kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (589kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (935kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (446kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Peran Media Sosial terhadap Minat Kunjung Ulang Wisatawan dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi” oleh Yohanes Ronaldo Dheo Rato, NIM 8112201058MM, di bawah bimbingan Dr. Simon Sia Niha, S.E., M.Si dan Anggraeny Paridy, S.E., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi wisatawan terhadap pengaruh fasilitas, kualitas pelayanan, peran media sosial, kepuasan wisatawan dan minat kunjung ulang (2) signifikansi pengaruh fasilitas, kualitas pelayanan dan peran media sosial secara parsial terhadap minat kunjung ulang, (3) signifikansi pengaruh fasilitas, kualitas pelayanan dan peran media sosial secara parsial terhadap kepuasan wisatawan, (4) signifikansi pengaruh kepuasan wisatawan terhadap minat kunjung ulang, dan (5) signifikansi kepuasan wisatawan memediasi pengaruh fasilitas, kepuasan wisatawan, dan peran media sosial terhadap minat kunjung ulang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan non-probabilitas dengan menggunakan metode accidental sampling dengan sampel sebanyak 90 responden dan pegumpulan data melalui kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial mengunakan software Smart PLS versi 3.0. Hasil analisis stastitik deskriptif menunjukkan bahwa capaian indikator variabel fasilitas sebesar 72%, kualitas pelayanan sebesar 71%, media sosial sebesar 70%, minat kunjung ulang sebesar 69%, dan kepuasan wisatawan sebesar 69%. Kelima variabel ini dikategorikan dalam kategori baik. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa fasilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung ulang. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung ulang. Media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung ulang. Fasilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Kepuasan wisatawan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat kunjung ulang. Kepuasan wisatawan mampu memediasi pengaruh fasilitas terhadap minat kunjung ulang. Kepuasan wisatawan mampu memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat kunjung ulang. Kepuasan wisatawan tidak mampu memediasi pengaruh media sosial terhadap minat kunjung ulang. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pemerintah lebih memperhatikan pelayanan pariwisata dengan menerapkan pelatihan bagi para pelaku usaha, memperbaiki akses-akses maupun kebutuhan-kebutuhan konsumen agar dapat meningkatkan jumlah kunjungan pariwisata

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas, Kualitas Pelayanan, Peran Media Sosial, Minat Kunjung Ulang.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Magister Manajemen > Konsentrasi Manajemen Pemasaran
Depositing User: Yohanes Ronaldo Dheo Rato
Date Deposited: 15 May 2024 07:29
Last Modified: 15 May 2024 07:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16102

Actions (login required)

View Item View Item