Pengaruh E-Wom, Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Ice Cream Mixue Di Kota Kupang Yang Dimediasi Oleh Brand Image

MANEK, Angela Emeliana (2024) Pengaruh E-Wom, Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Ice Cream Mixue Di Kota Kupang Yang Dimediasi Oleh Brand Image. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (461kB)

Abstract

Angela Emeliana Manek (32120001), dengan judul “Pengaruh E-WOM dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Ice Cream Mixue Di Kota Kupang Yang Dimediasi Oleh Brand Image”. Di bawah bimbingan Ibu Maria A. L Amaral, SE, MM selaku pembimbing I dan Ibu Selfiana Goetha, SE, MM selaku pembimbing II. Ice Cream Mixue merupakan perusahaan es krim boba dan kedai teh yang menjadi salah satu toko yang menyediakan beragam produk es krim boba dengan keberagaman cita rasa yang menyegarkan dan cocok untuk dinikmati saat cuaca panas, terutama di kota Kupang. Perkembangan data penjualan Ice Cream Mixue selama 3 tahun (2020-2022) mengalami penurunan. Masalah penelitian (1) Bagaimana persepsi konsumen tentang Electronic Word of Mouth, Viral Marketing, Keputusan Pembelian, dan Brand Image pada Ice Cream Mixue di kota Kupang? (2) Apakah Electronic Word of Mouth dan Viral Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image pada konsumen Ice Cream Mixue di kota Kupang? (3) Apakah Electronic Word of Mouth, Viral Marketing dan Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pemeblian pada konsumen Ice Cream Mixue di kota Kupang? (4) Apakah Brand Image dapat memediasi pengaruh Electronic Word of Mouth dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada konsumen Ice Cream Mixue di kota Kupang? Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang pernah membeli produk Ice Cream Mixue dengan jumlah yang tak diketahui. Sampel dalam penelitian ini yaitu 102 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui Google Form. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistic deskriptif mengambarkan variabel Electronic Word of Mouth sebesar 74,95%, variabel Viral Marketing sebesar 78,51%, variabel keputusan pembelian sebesar 80,18%, dan variabel brand image 83,14% semua variabel termasuk dalam kategori baik. Hasil pengujian Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image. Viral Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image. Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Viral Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Brand Image memediasi pengaruh Electronic Word of Mouth dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian. Berdasarkan hasil analisis tersebut, untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen, Ice Cream Mixue perlu membangun kesan positif terhadap mereknya melalui pengalaman pelanggan yang memuaskan, kualitas produk yang konsisten, dan pelayanan pelanggan yang baik, agar konsumen semakin yakin untuk melakukan pembelian. Selain meningkatkan interaksi, perusahaan ice cream Mixue di kota kupang juga perlu memilih platform yang paling sesuai dengan pelanggan mereka dan fokus pada pembuatan konten yang menarik dan konsisten.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Electronic Word of Mouth, Viral Marketing, Keputusan Pembelian, Brand Image.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Angela Emeliana Manek
Date Deposited: 12 Jun 2024 03:27
Last Modified: 12 Jun 2024 03:27
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16288

Actions (login required)

View Item View Item