Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Norma Subjektif Terhadap Keputusan Menabung Di Bank NTT Dengan Dimoderasi Oleh Keamanan

THALO, Avrilli Buanarini (2024) Pengaruh Pengetahuan Keuangan Dan Norma Subjektif Terhadap Keputusan Menabung Di Bank NTT Dengan Dimoderasi Oleh Keamanan. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (903kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (710kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (463kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf

Download (605kB)

Abstract

Avrilli Buanarini Thalo (32120076), dengan judul penelitian “ Pengaruh Pengetahuan Keuangan dan Norma Subjektif terhadap Keputusan Menabung di Bank NTT dengan dimoderasi oleh Keamanan “ di bawah bimbingan Ibu Maria B.M.G Wutun, SE,MM selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Selfiana Goetha,SE,MM selaku Dosen Pembimbing II. Bank NTT adalah satu – satunya Bank daerah yang berguna untuk meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Nusa Tenggara Timur. Masalah/tujuan yang ingin di capai penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan keuangan dan norma subjektif terhadap keputusan menabung di Bank NTT dengan dimoderasi oleh keamanan. Sampel dalam penelitian ini yaitu 100 responden yang menabung di Bank NTT. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan Smart PLS. Hasil analisis deskriptif menggambarkan variabel pengetahuan keuangan, norma subjektif, keamanan dan keputusan menabung termasuk dalam kategori cukup baik. Hasil analisis inferensial (PLS) menunjukan bahwa : Variabel Pengetahuan keuangan dan Norma subjektif tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan menabung di Bank NTT dan variabel Keamanan mampu memediasi pengetahuan keuangan dan norma subjektif terhadap keputusan menabung di Bank NTT. Nilai koefisien determinasi (R2) variabel Keputusan menabung sebesar 0,695 dan variabel keamanan sebesar 0,573 sisanya sebesar 42,7% dan 30,5% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel dalan penelitian. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Bank NTT dalam aspek pengetahuan keuangan agar pihak Bank aktif dalam menjelaskan sistem suku bunga yang berlaku baik bunga simpanan maupun pinjaman, begitupun norma subjektif, diberikan pemahaman tentang nilai positif dari menabung dan manfaat yang diperoleh. Aspek keamanan sebaiknya memberikan jaminan yang disediakan agar masyarakat tidak ragu untuk menjadi nasabah. Selain itu dari keputusan menabung pihak perbankan diharapkan untuk menjelaskan penggunaan produk perbankan yang disediakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan keuangan, Norma subjektif, Keamanan dan Keputusan menabung
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Avrilli Buanarini Thalo
Date Deposited: 19 Jun 2024 06:15
Last Modified: 19 Jun 2024 06:15
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16352

Actions (login required)

View Item View Item