TERONG, Markus Arkian (2024) Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 16 Kota Kupang tahun pelajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (173kB) |
|
Text
BAB II (4).pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (115kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN SURAT BEBAS PLAGIASI.pdf Download (130kB) |
Abstract
Judul skripsi: Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 16 Kota Kupang tahun pelajaran 2023/2024. Masalah penelitian ini adalah Apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 16 Kota Kupang tahun pelajaran 2023/2024? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 16 Kota Kupang tahun pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X) motivasi belajar dan variabel terikat (Y) prestasi belajar. Populasinya seluruh siswa kelas VIII A SMP Negeri 16 Kota Kupang tahun pelajaran 2023/2024. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dan lembar studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis data penelitian menunjukkan Koefisien Korelasi sebesar 0,575 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05 termasuk kategori kuat. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 16 Kota Kupang tahun pelajaran 2023/2024. Berdasarkan penelitian, peneliti memberi saran kepada: a) Kepala sekolah selaku pemimpin di sekolah diharapkan dapat meningkatkan perannya sebagai pemimpin dan koordinator sehingga dapat mengkoordinasi seluruh personil sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah. b) Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan untuk meningkatkan perannya dan meningkatkan kerja sama dengan semua guru mata pelajaran agar secara bersama-sama membantu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga prestasi belajar dapat meningkat. c) Siswa mampu meningkatkan hasil belajarnya dengan cara menumbuhkan motivasi intrinsik untuk dirinya agar tercipta rasa suka dan ketertatikan pada setiap mata pelajaran, sehingga siswa memiliki kesadaran untuk mempelajari dan memahami setiap mata pelajaran. Hal tersebut menjadi faktor penunjang keberhasilan belajar siswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Motivation, Learning Achievement and Students |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | S.Pd Markus Arkian Terong |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 07:04 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 07:04 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/16573 |
Actions (login required)
View Item |