Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Dengan Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

LAHAS, Angela Evima (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Dengan Materi Pokok Sistem Ekskresi Pada Manusia Di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (474kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (292kB)

Abstract

Hasil belajar akan dikatakan bermutu apa bila proses pembelajaran berjalan dengan baik. Namun berdasarkan hasil observasi di SMPK Adisucipto Penfui Kupang ditemukan beberapa faktor yaitu (1) metode yang digunakan kurang efektif (2) peserta didik kurang aktif saat KBM berlangsung (3) hasil belajar peserta didik rendah .Masalah ini dapat diatasi dengan menerapkan model problem based learning sebagai salah satu model yang dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untik mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII dengan materi pokok system ekskresi pada manusia di SMPK Adisucipto Penfui Kupang tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunkan metode quasi eksperimen dimana desain penelitianya adalah pra-test dan pasca-test dengan kelompok pengendali tidak diacak. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPK Adisucipto Penfui Kupang dengan sampel yang di pilih adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumupulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Data yang diperoleh analisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan infrensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata –rata hasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen adalah 82,4 sedangkan pada kelas kontrol adalah 82. Hasil ini jika dikonversikan ke dalam nilai ketuntasan klasikal maka kelas eksperimen tuntas dengan persentase 88% sedangkan kelas kontrol 76%. Hasil analisis one way-anacova menunjukan adanya pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai probalitas (sig) sebesar 0,007 lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan 0,05. Aktivitas peserta didik dengan menerapkan model problem based learning diperoleh rata-rata reliabilitas 91,43% sedangkan aktivitas peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran langsung dengan rata-rata reliabilitas 90,82%. Kemampuan guru dengan model problem based learning diperoleh rata-rata reliabilitas 98,11 sedangkan kemampuan guru dengan model pembelajaran langsung rata-rata reliabilitas 96,73. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penerapan model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok system ekskresi pada manusia kelas VIII di SMPK Adisucipto Penfui Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem based learning, hasil belajar, sistem ekskresi pada manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 04 Feb 2020 05:39
Last Modified: 04 Feb 2020 05:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1696

Actions (login required)

View Item View Item