OPAT, LEDIANA THERESIA (2024) Studi Potensi Penerapan Lajur Khusus Sepeda Menuju Sd Inpres Oesapa Kecil ! Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.
Text
ABSTRAK .pdf Download (849kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (409kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (976kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (450kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (602kB) |
Abstract
Orang tua sering kali merasa cemas tentang keselamatan anak-anak mereka yang berjalan atau bersepeda ke sekolah, terutama jika jalan di sekitar sekolah padat dengan kendaraan. Lajur sepeda dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan keselamatan dengan menyediakan ruang yang aman dan terpisah untuk pengendara sepeda. Namun, keberhasilan implementasi lajur sepeda bergantung pada perencanaan yang baik, pelaksanaan yang tepat, dan keterlibatan komunitas Sepeda merupakan sebuah moda transportasi yang ramah lingkungan yang tidak menggunakan bahan bakar dalam pengoperasiannya, efisien dalam penggunaan ruang dan fleksibel untuk melakukan perjalanan pendek (short trip) menuju tujuan serta dapat mengurangi polusi yang di akibatkan oleh kendaraan bermotor. Karakter dari sepeda tersebutlah yang kemudian menjadi sebuah peluang solusi bagi permasalahan transpotasi perkotaan. Penggunaan sepeda akan memberi potensi positif bagi suatu perkotaan dan penduduknya. Volume lalu lintas Survey lalu lintas harian rata-rata kendaraan (LHR) dilakukan di ruas jalan yang di hitung yaitu gerak kendaraan sepanjang satu ruas jalan tertentu. Kecepatan kendaraan Survey kecepatan kendaraan bermotor dilakukan untuk mendapatkan data kecepatan maksimum (jarak tempuh kendaraan/jam). Geometri jalan Survey geometrik dilakukan untuk mengetahui lebar jalan, Panjang ruas jalan, median jalan, bahu jalan, sehingga sudah didapatkan kapasitas dari jalan yang diteliti. Dari perhitungan di atas nilai BLOS segmen 1 arah kiri 3,32 dan arah kana 3,38, Segmen 2 untuk arah kiri 3,35 dan arah kanan 3,38, segmen 3 arah kiri 3,38 dan arah kanan 3,45, segmen 4 arah kiri 2,86 dan arah kanan 2,81, segmen 5 arah kiri 2,63 dan arah kanan 2,56. Sehingga di peroleh nilai metode BLOS, Untuk segmen 1, 2, 3. 4 dan 5 untuk arah kiri dan arah kanan, nilai BLOS berada di antara 2,51 hingga 3,50 C (Lingkungan cukup baik untuk pengguna sepeda). Untuk jumlah arus lalu lintas kendaraan dan presentase kendaraan berat terhadap perhitungan bicycle level of service (BLOS) dilakukan analisis efektivitas lajur khusus sepeda pada Jalan Samratulangi. Masing-masing ruas Jalan Segmen 1,2, 3, 4 dan 5 hasil analisis efektivitas lajur khusus sepeda, dapat disimpulkan bahwa Jalan Samratulangi efektif untuk dibuat lajur khusus sepeda, dikarenakan sebagai berikut, dilihat dari hasil perhitungan BLOS mendapatkan tinggkat pelayanan “C” yang menunjukkan (lingkungan cukup baik untuk pengguna sepeda). Langkah penting untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan para pengguna sepeda yaitu dengan meyediakan jalur khusus sepeda, bukan hanya memfasilitaskan mobilitas berkelanjutan, tetapi juga mengurangi potensi kecelakaan antara pengendara sepeda dengan kendaraan bermotor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode BLOS, Volume Lalulintas, Geometri Jalan, Kecepatan kendaraan, Lajur Sepeda |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Lediana Theresia Opat |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 00:00 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 00:00 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/18452 |
Actions (login required)
View Item |