ASENG, Florensia (2019) Pengaruh Sikap Proaktif Dan Kemampuan Numerik Terhadap Hasil Belajar Kimia Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Tipe Nht (Numbered Head Together) Pada Materi Pokok Laju Reaksi Kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang Tahun Pelajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (96kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (42kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (315kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (132kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (503kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (27kB) |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe number head together mengacu pada belajar kelompok siswa, masing-masing anggota memiliki bagian tugas (pertanyaan) dengan nomor yang berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar kimia pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 kupang tahun ajaran 2018/2019.(2) Untuk mengetahui sikap proaktif peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 kupang tahun ajaran 2018/2019.(3) Untuk mengetahui kemampuan numerik peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 kupang tahun ajaran 2018/2019.(4)(a) mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara sikap proaktif dengan hasil belajar siswa dalam model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 kupang tahun ajaran 2018/2019.(b)mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar kimia dalam penerapan pendekatan pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 kupang tahun ajaran 2018/2019.(c)mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara sikap proaktif dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 kupang tahun ajaran 2018/2019.(5)(a)mengetahui pengaruh yang signifikan antara sikap proaktif dengan hasil belajar kimia dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2018/2019.(b)mengetahui pengaruh yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar peserta didik dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 kupang tahun ajaran 2018/2019.(c) mengetahui pengaruh yang signifikan antara sikap proaktif dan kemampuan numerik dengan hasil belajar peserta didik dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 kupang tahun ajaran 2018/2019. Sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan assosiatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis statistik. Dari Analisis data dipeoleh: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe number head together efektif pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang.(2)Sikap proaktif peserta didik kelas XI MIA 5 Negeri 4 Kupang, dinyatakan baik dengan presentasi ratarata 83,5%.(3)Kemampuan numerik peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang baik dengan nilai ratarata 71.(4)Ada hubungan antara sikap proaktif dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2018/2019 yang ditunjukan dengan nilai koefisien korelasi (rx1x2y) = 0,972 dan nilai koefisien determinansi (D) = 94,58%, serta nilai Fhitung > Ftabel atau 235,55 >3,354.(5)Ada pengaruh antara sikap proaktif dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar peserta didik yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi pokok laju reaksi peserta didik kelas XI MIA 5 SMA Negeri 4 Kupang tahun ajaran 2018/2019, dengan hasil penelitian menunjukan pengaruh sikap proaktif dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar peserta didik diterangkan oleh persamaan regresinya Ŷ = 55,303 + 0,2524(X1)+ 0,138(X2) dan nilai F hitung>F tabel atau 235,55 >3,354.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap Proaktif,Kemampuan Numerik,Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together,Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Ptk Dami Damianus |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 01:30 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 01:30 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/1879 |
Actions (login required)
View Item |