Kajian Hubungan Antara Kualitas Pelayanan E-Commerce, Kepuasan Pelanggan, dan Keputusan Pembelian

NIHA, Simon Sia and WATU, Engelbertus G. Ch. and GOETHA, Selfiana (2023) Kajian Hubungan Antara Kualitas Pelayanan E-Commerce, Kepuasan Pelanggan, dan Keputusan Pembelian. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3 (4). pp. 3832-3841. ISSN 2807-4238

[img] Text
Kajian Hubungan Antara Kualitas Pelayanan E-Commerce, Kepuasan Pelanggan, dan Keputusan Pembelian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
Official URL: https://j-innovative.org/index.php/Innovative

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak kualitas layanan online situs e-commerce terhadap kepuasan pelanggan dan niat membeli. Studi ini mengidentifikasi dimensi kualitas layanan elektronik berdasarkan tinjauan literatur, yaitu desain situs web, keandalan, daya tanggap, kepercayaan, dan personalisasi. Sebuah survei terhadap 120 pengguna setia ecommerce Shopee dilakukan untuk memvalidasi model tersebut. Reliabilitas dan validitas kuesioner diperiksa melalui model pengukuran dan model persamaan struktural digunakan untuk mengkonfirmasi hubungan antar dimensi menggunakan alat analisis SEM AMOS versi 24. Hasilnya menunjukkan bahwa hubungan antara kualitas layanan elektronik secara keseluruhan dan kepuasan pelanggan serta kepuasan pelanggan dan niat membeli ditemukan signifikan secara statistik. Namun hasil menunjukkan e-service quality tidak berpengaruh terhadap e-satisfaction.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: e-service quality, e-satisfaction, keputusan pembelian, ecommerce
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Magister Manajemen
Depositing User: Yasinta Kalo
Date Deposited: 09 Oct 2025 02:10
Last Modified: 09 Oct 2025 02:10
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/19931

Actions (login required)

View Item View Item