KALUGE, Agapitus H. (2019) Kategorisasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri Se Kota Kupang Berbantuan Fuzzy Inference System Metode Mamdani. ASIMTOT: JURNAL KEPENDIDIKAN MATEMATIKA, 1 (1). pp. 1-12. ISSN 2685-9580
|
Text
KATEGORISASI KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI SE.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa SMP Negeri di Kota Kupang, Provinsi NTT. Penelitian ini dilakukan tidak hanya karena rendahnya prestasi siswa Indonesia yang berumur lima belas tahun pada PISA, tetapi juga karena belum ada penelitian yang dilakukan sebelumnya untuk memetakan kemampuan literasi matematika siswa di Kota Kupang. Sebanyak 377 responden siswa kelas sembilan yang merupakan perwakilan dari enam SMP Negeri di Kota Kupang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berkelompok dua tahap. Pengkategorian kemampuan literasi matematika siswa dikerjakan menggunakan metode inferensi kabur Mamdani. Input fuzzifikasi merupakan skor siswa pada tiga proses literasi matematika yang inilai, yaitu formulating (merumuskan), employing (menggunakan), dan interpreting (menafsirkan). Output defuzzifikasi merupakan skor kemampuan literasi matematika yang selanjutnya digunakan untuk mengkategorikan tingkatan kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi siswa SMP Negeri di Kota Kupang secara umum termasuk ke dalam kategori rendah.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Inferensi kabur Mamdani, literasi matematika. |
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Yasinta Kalo |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 07:21 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 07:21 |
| URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/20017 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
