DJONG, Kristoforus D. and DOSINAENG, Wilfridus B,N, and JAGOM, Yohanes O. (2021) Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended. ASIMTOT: JURNAL KEPENDIDIKAN MATEMATIKA, 3 (2). 187 -199. ISSN 2685-9580
|
Text
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN ENDED.pdf Restricted to Repository staff only Download (879kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended. Subyek dalam penelitian ini adalah satu orang siswa Kelas VIII SMPN 6 Amarasi Kabupaten Kupang. Pemilihan subyek berdasarkan hasil diskusi antara peneliti dan guru mata pelajaran matematika. Data yang dikumpulkan dari hasil tes pemecahan masalah dan hasil wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data digunakan triangulasi waktu. Hasil analisis diperoleh kesimpulan subyek perempuan berkemampuan matematika tinggi mampu mengerjakan soal yang diberikan. Dalam aspek kelancaran (fluency), subyek dapat langsung mengerjakan soal yang diberikan dan menemukan 5 jawaban yang berbeda-beda. Dalam aspek keluwesan (flexibility) subyek menggunakan cara lain untuk menemukan harga pensil dan pulpen. Namun dalam kedua aspek ini (fluency dan flexibility) subyek menyelesaikan persoalan dengan cara yang biasa atau yang sudah diajarkan oleh guru. Sehingga dalam aspek elaborasi subyek tidak dapat menemukan cara lain yang berbeda dengan cara yang sudah diajarkan oleh guru
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir kreatif, open-ended. |
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Yasinta Kalo |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 04:30 |
| Last Modified: | 16 Oct 2025 04:30 |
| URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/20096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
