Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa Tunarungu dalam Menyelesaikan Masalah Non Rutin

LETON, Sameul Igo and LAKAPU, Meryani and DOSINAENG, Wilfridus Beda Nuba (2019) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Siswa Tunarungu dalam Menyelesaikan Masalah Non Rutin. MATH DIDACTIC: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 5 (2). pp. 157-167. ISSN 2579-3977

[img] Text
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA SISWA TUNARUNGU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH NON RUTIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
Official URL: https://jurnal.upk.ac.id/index.php/math/sinta

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tunarungu kelas VIII dalam menyelesaikan masalah non rutin yang berkaitan dengan masalah pecahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain case study. Pengambilan subyek dilakukan secara purposive sebanyak 6 orang pada tiga Sekolah Luar Biasa (SLB) B yakni SLB B Karya Murni Ruteng, SMPLB Negeri Semarang dan SLB B Don Bosco Wonosobo.. Data dikumpulkan melalui tes pemecahan masalah dan wawancara. Hasil analisis terhadap data hasil pekerjaan dan data wawancara, diperoleh bahwa kemampuan kemampuan matematis yang muncul pada subyek dalam menyelesaikan masalah antara lain; (1) ada kecenderungan bahwa dalam membangun pemahaman terhadap masalah, subyek merepresentasikan masalah melalui gambar, dapat mengungkapkan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan, mengidentifikasi unsur-unsur yang diketahui, dan menyatakan kembali masalah dalam bahasa yang lebih sederhana; (2) Subyek dapat melakukan elaborasi yakni mengaitkan informasi dengan pengetahuan yang telah terbentuk; (3) Jika siswa tunarungu dapat menyelesaikan masalah, maka untuk menyelesaikan masalah cenderung menggunakan gambar dan menggunakan cara membilang. Dengan demikian, disimpulkan bahwa siswa tunarungu dapat menyelesaikan soal non-rutin dengan tingkat kesulitan tinggi dengan terlebih dahulu memvisualisasikan masalah dalam bentuk gambar dan menulis kembali dalam bentuk kalimat sederhana.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah Matematis, Siswa Tunarungu, Masalah Pecahan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Yasinta Kalo
Date Deposited: 16 Oct 2025 05:45
Last Modified: 16 Oct 2025 05:45
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/20103

Actions (login required)

View Item View Item