Penerapan Concept Mapping Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PLSBD (Pengetahuan Lingkungan dan Seni Budaya Daerah)

MEOLBATAK, Emiliana M. and MANEHAT, Donatus J. (2020) Penerapan Concept Mapping Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PLSBD (Pengetahuan Lingkungan dan Seni Budaya Daerah). J-ICON: Jurnal Komputer dan Informatika, 8 (2). pp. 124-132. ISSN 2654-4091

[img] Text
PENERAPAN CONCEPT MAPPING BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PLSBD (Pengetahuan Lingkungan dan Seni Budaya Daerah).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
Official URL: https://ejurnal.undana.ac.id/jicon/

Abstract

Proses pembelajaran di kelas masih belum mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran yang bervariasi kepada siswa dalam mengkaji informasi pada materi pembelajaran, sehingga siswa cenderung cepat bosan dan kurang tertarik berpikir mandiri dalam memahami materi pelajaran, hal tersebut mengakibatkan hasil belajar yang rendah. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai dari setiap siswa yang belum mencapai standar dan nilai standarnya adalah 7,90 sedangkan nilai rata-rata siswa siswi kelas II hanya mencapai 7,20. Concept mapping dipadukan dengan multimedia berupa animasi, suara, teks, video, serta PowerPoint dan dikombinasikan dengan media konvensional pendukung untuk dijadikan sebuah media pembelajaran baru yang menarik dan interaktif. Penerapan strategi belajar concept mapping berbasis multimedia dapat meningkatkan keterampilan guru mencapai kriteria sangat baik, sedangkan aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar sebesar 85%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: concept mapping, multimedia, PLSBD (Pengetahuan Lingkungan dan Seni Budaya Daerah)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Ilmu Komputer
Depositing User: Damianus Dami
Date Deposited: 10 Oct 2025 08:13
Last Modified: 10 Oct 2025 08:13
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/20260

Actions (login required)

View Item View Item