LETON, Samuel Igo and USKONO, Irmina Veronika (2019) Pengaruh Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Guru terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. ASIMTOT: JURNAL KEPENDIDIKAN MATEMATIKA, 1 (1). pp. 69-76. ISSN 2685-9580
|
Text
PENGARUH EFIKASI DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA.pdf Restricted to Repository staff only Download (769kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial guru terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII salah satu SMP Swasta di kota Kupang materi aritmetika sosial. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi berganda.Sampel dalam penelitian ini kelas VII A yang berjumlah 25 orang yang dipilih secara acak dari 4 kelas yang ada. Jenis data dalam penelitan ini yaitu data primer dengan pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan soal tes prestasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil uji secara parsial pada efikasi diri menunjukan bahwa , dukungan sosial guru diperoleh , maka dengan taraf signifikan 5% terdapat pengaruh secara parsial pada efikasi diri dan dukungan sosial guru. Selanjutnya, pada uji secara simultan menunjukan bahwa = 55,176 dan 3,44 pada taraf signifikan 5% yang berarti bahwa maka terdapat pengaruh simultan pada efikasi diri dan dukungan sosial guru. Dengan demikan, disimpulkan bahwa ada pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial guru terhadap prestasi belajar matematika siswa.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Efikasi Diri, Dukungan Sosial Guru, Prestasi Belajar Siswa |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Damianus Dami |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 03:44 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 03:44 |
| URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/20471 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
