DOSINAENG, Wilfridus Beda Nuba and NAEN, Alfons Bunga and WARIANI, Theresia (2024) Upaya Meningkatkan Kompetensi Pengelolaan Administrasi Guru Melalui Kegiatan Supervisi di UPTD SD Negeri Manggis. ARSEN: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2 (1). pp. 17-28. ISSN 2963-461X
|
Text
UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PENGELOLAAN ADMINISTRASI GURU MELALUI KEGIATAN SUPERVISI DI UPTD SD NEGERI MANGGIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
Abstract
Masalah yang dihadapi oleh peneliti sebagai kepala sekolah di SD Negeri Manggis yaitu, berdasarkan hasil observasi, hanya 33% dari guru yang memiliki administasi dengan ketercapaian minimal baik sedangkan 67% sisanya belum memiliki administrasi dengan ketercapaian baik. Hal ini disebabkan oleh manajemen waktu dan sistem pemantauan yang masih kurang efektif. Perancangan perangkat administrasi pembelajaran yang tidak mempertimbangkan estimasi waktu menyebabkan beberapa pekerjaan menjadi tertunda dan tidak terselesaikan tepat pada waktunya. Penelitian ini merupakan suatu Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru terutama dalam proses pembelajaran melalui supervisi administrasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas empat komponen meliputi: (1) perencanaan, (2) aksi/ tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Setelah suatu siklus selesai diimplementasikan, khususnya sesudah adanya refleksi, kemudian diikuti dengan adanya perencanaan ulang yang dilaksanakan dalam bentuk siklus tersendiri jika belum memenuhi standar ketuntasan siklus yang ditetapkan. Penelitian ini dilakukan di UPTD SD Negeri Manggis pada periode bulan Oktober 2023 s.d bulan November 2023. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah guru-guru di UPTD SD Negeri Manggis berjumlah 6 orang. Siklus dikatakan tuntas jika minimal 80% guru telah mencapai kategori baik dalam pengelolaan administrasi pembelajaran. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata skor hasil pengamatan dari Siklus 1 ke Siklus 2. Pada akhir siklus 2, 86% guru telah berhasil memperoleh skor minimal baik sehingga pembelajaran dikatakan telah berhasil di siklus 2. Berdasarkan hasil ini, peneliti menyarankan agar Penelitian Supervisi Adminsitrasi Pembelajaran dapat dikembangkan berdasarkan kebutuhan administrasi yang disesuaikan dengan masing-masing lembaga pendidikan.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penelitian tindakan sekolah; peningkatan kompetensi; kompetensi pengelolaan administrasi; supervisi kepala sekolah |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
| Depositing User: | Yasinta Kalo |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 01:12 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 01:12 |
| URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/20479 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
