Strategi Kelompok Ina Glekat Dalam Mengembangkan Usaha Tenun Ikat di Desa Watoone Kabupaten Flores Timur

JANI, Rofina Yunita and TOKAN, Frans Bapa and NIRON, Eusabius Separera (2024) Strategi Kelompok Ina Glekat Dalam Mengembangkan Usaha Tenun Ikat di Desa Watoone Kabupaten Flores Timur. Jurnal Inovasi Global, 2 (3). pp. 474-484. ISSN 3032-2723

[img] Text
Strategi Kelompok Ina Glekat Dalam Mengembangkan Usaha Tenun Ikat di Desa Watoone Kabupaten Flores Timur.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
Official URL: https://jig.rivierapublishing.id/index.php/rv/inde...

Abstract

Di era teknologi yang sangat ketat saat ini, semua pengusaha harus menggunakan strategi untuk mengembangkan bisnis mereka. Pada dasarnya, tujuan dari pengembangan usaha yang berbasis kelompok tenun tradisional adalah untuk meningkatkan akses bagi individu, keluarga, dan kelompok masyarakat terhadap sumber daya yang diperlukan untuk melakukan proses produksi serta kesempatan untuk berusaha. Tenun ikat, salah satu warisan budaya bangsa Indonesia, tersebar di seluruh kepulauan Indonesia dan berkembang menjadi industri kreatif yang merupakan bagian penting dari ekonomi negara. Penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan. Ini menghasilkan data deskriptif tentang katakata lisan dan tertulis serta tingkah laku subjek. Untuk mencapai kesimpulan, peneliti memberikan penjelasan mendalam tentang masalah yang berkaitan dengan data dan teori yang ada. Teori yang dipergunakan oleh peneliti dalam skripsi ini yaitu Marketing Mix. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh kelompok tenun Ina Glekat dalam mengembangkan usaha adalah menerapkan strategi pemasaran secara langsung atau dari mulut ke mulut sehingga hasil penjualan yang didapatkan belum maksimal. dan kelompok tenun Ina Glekat tetap menenun agar budidaya tenun ini tidak hilang. Produksi kain tenun berkualitas tinggi, menjual barang dengan harga rendah, melakukan promosi yang lebih baik, dan memilih lokasi yang tepat adalah beberapa strategi pengembangan bisnis yang digunakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Usaha, Marketing Mix dan Tenun Ikat Ina Glekat
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Vinsensius Nensi
Date Deposited: 16 Oct 2025 06:29
Last Modified: 16 Oct 2025 06:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/20655

Actions (login required)

View Item View Item