LISIN, Yoseph (2019) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Pencernaan Pada Manusia Di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (767kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (422kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (345kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (214kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (402kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (414kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi penelitian ditemukan beberapa masalah yaitu rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik. Hal tersebut dikarenakan kurang aktifnya peserta didik pembelajaran atau pembelajaran tidak melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik tidak serius memperhatikan penjelasan guru. Salah satu upaya untuk mengantisipasi masalah ini dengan menerapkan pembelajaran inovatif sehingga tercapai standar proses pembelajaran. Peneliti menerapkan model problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia di SMP Angkasa Penfui Kupang tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaf dengan metode Kuasi Eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan kelas VIIIB. Teknik pengumpulan data melalui data pretest, hasil observasi dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptf dan analisis inferensial. Dari analisis hasil belajar kognitif peserta didik yang mengikuti pembelajaran pada kelas eksperimen diperoleh nilai pretest 35.56 meningkat menjadi 80.74 setelah diberi posttest sedangkan kelas control diperoleh nilai pretest 40.93 meningkat menjadi 72.74 setelah diberi posttest. Berdasarkan hasil uji anacoa uji satu arah (oneway-anacova) diperoleh nilai probabilitas (sig) 0,000 lebih kecil dari nilai signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha (model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik) dan H0 diterima (model problem based learning tidak berpengaruh terhadapa hasil belajar kognitif peserta didik) ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII pada materi pokok sistem pencernaan pada manusia di SMP Angkasa Penfui Kupang tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem based bearning, hasil belajar kognitif, sistem pencernaan pada manusia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 04 May 2020 00:34 |
Last Modified: | 04 May 2020 00:34 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2190 |
Actions (login required)
View Item |