Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa

KEDAH BAHI, Magdalena Barek (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (214kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) adanya pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika; (2) pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Desain One – group pretest – posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 6 Kupang Tengah. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Kupang Tengah tahun ajaran 2019/2020. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes subjektif yang berbentuk esay. Teknik analisis data analisis statistik inferensial dengan menggunakan paired sampel test. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Posing. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan program SPSS versi 22. Sebelum pengujian hipotesis, dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji hipotesis untuk data pretest dan posttest. Dari hasil analisis uji normalitas kemampuan tinggi untuk data pretest diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-Tailed) = 0,200 > 0,05 dan Dhitung = 0,250 Dtabel = 0,264 maka H0 diterima dan Ha ditolak artinya data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan data posttest diperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) = 0,200> 0,05dan nilai Dhitung= 0,210 ≤ Dtabel = 0,264 H0 diterima dan Ha ditolak artinya data tersebut berdistribusi normal. Uji normalitas kemampuan sedang untuk data pretest diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-Tailed) = 0,135 > 0,05 dan Dhitung = 0,200 Dtabel = 0,264 maka H0 diterima dan Ha ditolak artinya data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan data posttest diperoleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) = 0,154 > 0,05 dan nilai Dhitung= 0,195 ≤ Dtabel = 0,264 H0 diterima dan Ha ditolak artinya data tersebut berdistribusi normal. Uji normalitas kemampuan rendah untuk data pretest diperoleh nilai Asymp.Sig.(2-Tailed) = 0,200 > 0,05 dan Dhitung = 0,202 Dtabel = 0,264 maka H0 diterima dan Ha ditolak artinya data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan data posttest diperoleh nilai Asymp.Sig. (2- tailed) = 0,200 > 0,05 dan nilai Dhitung = 0,232 ≤ Dtabel = 0,264 H0 diterima dan Ha ditolak artinya data tersebut berdistribusi normal. Pengujian hipotesis menggunakan One Sample Kolmogorov – Simornov Test, setelah data dianalisis kemampuan tinggi diperoleh nilai Sig.(2-Tiled) = 0,000. Sedangkan thitung= 19,780 dengan df = n – 1, diperoleh df= 24 dengan tarafsignifikan = 0,025 diperoleh ttabel = 2,064. Karena nilai Sig.(2-Tiled) = 0,001 < 0,05 dan thitung 19,780 > 2,064 = ttabel, maka berdasarkan syarat uji t dan criteria penerimaan dan penolakan H0 pada BAB III dengan tarafsignifikan 5% maka H0 ditolak atau Ha diterima. Data analisis kemampuan sedang nilai Sig.(2-Tiled) =0,000 < 0,05 dan thitung17,493 > 2,064 = ttabel maka H0 ditolak atau Ha diterima. Data analisis kemampuan rendah nilai Sig.(2-Tiled) =0,000 < 0,05 dan thitung 33,652 >2,064 = ttabel maka H0 ditolakatau Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Pembelajaran Problem Posing terhadap Prestasi Belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Posing berpengaruh dengan materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Problem Posing, Prestasi Belajar, dan kemampuan awal siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: andre berek
Date Deposited: 18 Mar 2020 05:17
Last Modified: 18 Mar 2020 05:17
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item View Item