Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Manusia Di SMP Negeri 1 Malaka Barat Tahun Ajaran 2019/2020

DUA, Betariana Maria (2020) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Manusia Di SMP Negeri 1 Malaka Barat Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (476kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (198kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi peserta didik SMP Negeri 1 Malaka barat adalah Rendahnya Hasil Belajar peserta didik. Hal ini disebabkan karena kurang aktifnya peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dalam kelas karena kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang lebih melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Problem Based LearningTerhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia di SMP Negeri 1 Malaka Barat.Jenis Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen atau eksperimen semu dengan Desain penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalahPra-test dan post-tes Non-equivalent Control Group Desing.Data yang dikumpulkan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif, dan analisis data inferensial.Nilai hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan menerapkanmodelProblem Based Learningyakni 67,5, sedangkan Pembelajaran langsung 59,17. Rata-rata Kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dengan mengunakan model Problem Based Learningadalah 97,5dan pembelajaran langsung 96 dan termasuk dalam kategori baik. Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran dikategorikan baik, dengan skor rata-rata pembelajaran dengan mengunakan model Problem Based Learning91,6 danpembelajaran dengan mengunakan model pembelajaran langsung 77,5. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh penerapan model Problem Based Learningterhadap hasil belajar kognitif peserta didikdi lihat dari nilai probabilitas (sig.) 0,003< 0,05yang didapat dari uji analisis kovarian.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajarkognitifpeserta didikKelas VIII Pada Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia di SMP Negeri 1 Malaka Baratyang dilihatdarinilai probabilitas (sig.) 0,003< 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mode Problem Based Learning,Sistem Gerak Pada Manusia,Hasil Belajar,.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Florentina B. Wenggu
Date Deposited: 05 Aug 2020 04:50
Last Modified: 05 Aug 2020 04:51
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2920

Actions (login required)

View Item View Item