Penerapan Model Discovery Learning Untuk Membuktikan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan Di SMP Negeri 11 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020

SAGE, Maria Kristina V. Doa (2019) Penerapan Model Discovery Learning Untuk Membuktikan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan Di SMP Negeri 11 Kupang Tahun Ajaran 2019/2020. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (447kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (307kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik, dimana kegiatan belajar mengajar didominasi oleh guru sehingga kurang aktifnya peserta didik dalam pembelajarandanpeserta didik kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaranmakakonsep-konsep materitidak dipahami dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan model pembelajaran yang tepat.Salah satu model pembelajaran yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah model Discovery Learning. Model Discovery Learningini mengutamakan kegiatan peserta didik menemukan sendiri dan memperkuat daya ingat peserta didik terhadap konsep-konsep materi tersebut.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan ada atautidaknyapengaruh penerapan model Discovery Learningterhadap hasil belajar kognitif peserta didikkelas VIIIpada materi pokok struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan di SMPNegeri 11 Kupang tahun ajaran 2019/2020Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Data pretest, hasil observasi, dan posttest. Teknik analisis data yang digunakandalam penelitian iniadalah analisis deskriptif dan analisis inferensial.Dari hasil analisishasil belajar kognitif peserta didik kelas eksperimen diperoleh nilaipretest43,71 dan nilai posttest79,03yang terjadi peningkatan sebesar35,32. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilaipretest43,90 dan nilai posttest71,25yang berarti terjadi peningkatan sebesar 27,35. Berdasarkan hasil ujianacova satu arah (one way-anacova) diperolehnilai probabilitas (sig.)0,001lebih kecil dari nilai signifikan yang ditetapkan yaitu 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha(model Discovery Learningberpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik) diterima dan H0 (model Discovery Learningtidak berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik) ditolak.Berdasarkanhasil analisis data tersebutdisimpulkan bahwamodelDiscovery Learningberpengaruhterhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII pada materi pokok strukturdan fungsi jaringan pada tumbuhan di SMP Negeri 11 Kupang tahun ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Discovery Learning, Hasil belajar kognitif,Struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Ptk Hendra Silvester
Date Deposited: 10 Aug 2020 23:57
Last Modified: 10 Aug 2020 23:57
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/2948

Actions (login required)

View Item View Item