Kualitas Pelayanan Publik Aparatur Kelurahan Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Di Kantor Lurah Oesapa Barat Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang

LOUIS, Bonifacio Jose (2019) Kualitas Pelayanan Publik Aparatur Kelurahan Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Di Kantor Lurah Oesapa Barat Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (188kB)

Abstract

Masalah Pokok yang diteliti adalahBagaimana Kualitas Pelayanan Publik Aparatur Kelurahan Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Di Kantor Lurah Oesapa Barat Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kualitas Pelayanan Publik Aparatur Kelurahan Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Di Kantor Lurah Oesapa Barat Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Diharapkan penelitian ini berguna untuk a). dapat mempunyai implikasi teoritis tentang kualitas pelayanan publik bagi Universitas Katolik Widya Mandira dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik serta khususnya bagi Jurusan Ilmu Pemerintahan. b) dapat memberi masukan berupa hasil atau laporan penelitian yang digunakan sebagai referensi untuk penelitian selanjutnya. c) dapat dijadikan pertimbangangan bagi Lurah Oesapa Barat dalam memberikan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat. Dengan melihat tujuan di atas, permasalah penelitian menggunakan terori-teori sebagai konsep dasarKualitas Pelayanan Publik Aparatur Kelurahan Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Di Kantor Lurah Oesapa Barat Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupangsebagai berikut: Pelayanan Publik, Standar Pelayanan Publik dan Kualitas dan Dimensi Pelayanan Publik. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif, sumber data yang diperoleh yaitu Data primer yang digunakan adalah Wawancara dan Observasi sedangkan data sekunder yang digunakan diperoleh dari dokumen-dokuman berupa data-data dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan 5 variabel yaitu aspekTangiel(Berwujud), Reliability (Kehandalan), Responsiviness(Ketanggapan), Assurance (Jaminan), Emphaty(Empati). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Kualitas Pelayanan Publik Aparatur Kelurahan Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Di Kantor Lurah Oesapa Barat Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang yang diukur dalam aspek Tangible(Berwujud), Reliability (Kehandalan), Responsiviness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), Emphaty(Empati), Semuanya terbukti belum dilaksanakan dengan tepat.Padaa spek (1) Tangible (Berwujud) meliputi; Penampilan dan kenyaman petugas/aparatur dalam melayani pelanggan.(2) Reliability (Kehandalan),meliputi: Kemampuan dan keahlian serta kecermatan dalam melayani (3)Responsiviness (Ketanggapan), meliputi: Kesanggupan dalam melayani secara cepat dan tepat. (4) Assurance (Jaminan),meliputi Jaminan legalitas dan kepastian dalam pelayanan.(5) Emphaty (Empati),meliputi: Sikap melayani dengan ramah dan tidak diskriminatif (membeda-bedakan). Berdasarkan kesimpulan diatas maka disarankan agar : 1) Diharapakan kepada pihak Kelurahan Oesapa Barat perlu menyediakan fasilitassarana dan prasarana seperti AC di ruang tunggu pelayanan agar masyarakat tidak kepananasan ditengah antrian panjang dan juga harus memasang indihome/wifi agar proses pengerjaan melalui media online dapat berjalan dengan baik dan cepat. 2) Diharapakan kepada pihak Kelurahan Oesapa Barat untuk menyediakan kotak saran dan website yang berguna sebagai wadah untuk memberikan komentar atau memberikan keluhan terkait pelayanan yang ada di Kantor Kelurahan Oesapa Barat. 3) Diharapkan juga kepada kelurahan dapat menambahkan lagi sarana prasarana seperti tempat duduk lagi agar masyarakat tidak harus menunggu serta computer dan printer agar proses pengerjaan dalam kelurahan dapat berjalan dengan baik,cepat dan tanpa ada kendala-kendala lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Publik, Aparatur Kelurahan Oesapa Barat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 24 Aug 2020 05:23
Last Modified: 24 Aug 2020 05:23
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3000

Actions (login required)

View Item View Item