Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dan Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Materi Reproduksi Pada Tumbuhan Di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/2018

EFIFANIA JA, Efifania Ja (2017) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dan Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Materi Reproduksi Pada Tumbuhan Di SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (545kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (275kB)

Abstract

Masalah utama dalam pembelajaran adalah Rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan tidak adanya pertanyaaan yang diajukan oleh siswa, apabila siswa tersebut belum mengerti tentang materi yang baru saja disampaikan oleh guru. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaraan kooperatif tipe NHT dan tipe TPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IX dimana siswa kelas IXA diberikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan siswa kelas IXB diberikan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group desain. Teknik pengumpulan data melalui tahap Observasi, Pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskripstif dan inferensial dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum pretest dan setelah posttest dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT masing-masing adalah 46.8 dan 79,25. Sedangkan untuk hasil belajar siswa sebelum pretest dan setelah posttest dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS masing-masing adalah 50 dan 81.25. Adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe TPS ditunjukkan dengan hasil uji normalitas dengan teknik Kolmogorov-smirnov pada kelas tipe NHT adalah pretest 0,078 dan posttest 0,111 sedangkan pada kelas tipe TPS adalah pretest 0,020 dan posttest 0,113. Hal ini menunjukkan uji normalitas kedua tipe normal karena hasil nilai pretest dan posttest lebih dari taraf signifikan 0,05. Uji homogenitas terhadap pretest dan posttest tipe NHT dan tipe TPS yakni 0,042 dan 0,666 hasilnya menunjukkan adanya homogenitas karena hasinya lebih tinggi daripada taraf signifikan yakni 0,05. Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelompok belajar tipe NHT dan TPS, terlihat dari nilai thitung 3,163 > ttabel 2,086 (sig. < 0,05). Dari Hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa kedua model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe TPS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP Angkasa Penfui Kupang Tahun Ajaran 2017/2018. Hal tersebut terlihat dari perbandingan nilai probabilitas (sig.) 0,05 dengan nilai alpha dimana nilai alpha (sig.) 0,000 < nilai probabilitas (sig.) 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif,Tipenumbered Heads Together,Tipe Think Pair Share,Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Andreas Pati
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:59
Last Modified: 16 Sep 2020 04:59
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3078

Actions (login required)

View Item View Item