SINO, Elisabeth Devina (2017) Pengaruh Kemampuan Verbal Dan Ketelitian Terhadap Hasil Belajar Kimia Laju Reaksi Dengan Menerapkan Pendekatan Saintifik Siswa Kelas XI IPA SMA Swasta Kristen Tarus Tahun Ajaran 2017/2018. Diploma thesis, Unika Widya Mandira.
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (498kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (192kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Download (832kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Download (622kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Download (756kB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (177kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Swasta Kristen Tarus yang dilihat dari nilai ulangan laju reaksi selama 3 tahun terakhir (2014-2017). Rendahnya hasil belajar siswa diduga disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah kemampuan verbal dan ketelitian siswa. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar siswa secara aktif mengkonstruksi konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan data, menganalisis data, dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1). Untuk mendeskripsikan efektifitas pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA SMA Swasta Kristen Tarus. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan verbal siswa kelas XI IPA SMA Swasta Kristen Tarus. (3) Untuk mendeskripsikan ketelitian siswa kelas XI IPA SMA Swasta Kristen Tarus. (4). Untuk mengetahui hubungan kemampuan verbal dan ketelitian dengan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekan saintifik pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA SMA Swasta Kristen Tarus, (5) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan verbal dan ketelitian terhadap hasil belajar siswa dengan menerapakan pendekatan saintifik pada materi pokok laju reaksi siswa kelas XI IPA SMA Swasta Kristen Tarus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampelnya yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Kristen Tarus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik, lembar pengamatan kemampuan psikomotor siswa, lembar afektif siswa, Tes Hasil Belajar (THB), angket kemampuan verbal, angket ketelitian. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan pendekatan saintifik termasuk dalam kategori baik dengan skor 3,77. Ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan pendekatan saintifik adalah tuntas dengan rincian untuk ketiga aspek: (1) aspek kognitif tuntas dengan skor 85.54, (2) aspek psikomotor tuntas dengan skor 85.97, (3) aspek afektif tuntas dengan skor 86,9. Hubungan kemampuan verbal siswa dengan hasil belajar berada pada interpretasi skor sangat kuat yaitu 87.10%. Hubungan ketelitian siswa dengan hasil belajar berada pada interpretasi skor sangat kuat yaitu 92.16%. Hubungan perhatian orang tua dan sumber belajar dengan hasil belajar berada pada interpretasi skor sangat kuat yaitu 94.04%. Selain itu berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi sederhana terdapat pengaruh yang signifikan antara (1) kemampuan verbal terhadap hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik dimana nilai Y= 9.83 + 0.92X1, maka dapat disimpulkan ada pengaruh antara kemampuan verbal terhadap hasil belajar siswa. (2) ketelitian siswa terhadap hasil belajar dengan menerapkan pendekatan saintifik dimana nilai Y= 7.88 + 0.95X2 maka dapat disimpulkan ada pengaruh ketelitian terhadap hasil belajar siswa. (3) kemampuan verbal dan ketelitian siswa dengan menerapkan pendekatan sanitifik dimana nilai Ŷ=6.44 + 0.25X1 + 0.72X2, maka dapat disimpulkan ada pengaruh antar kemampuan verbal dan ketelitian terhadap hasil belajar. Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik baik untuk diterapkan pada siswa kelas XI IPA SMA Swasta Kristen Tarus pada materi pokok laju reaksi. Keterangan. *peneliti, **Pembimbing Satu, ***Pembimbing Dua.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | andre berek |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 05:09 |
Last Modified: | 16 Sep 2020 05:09 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3101 |
Actions (login required)
View Item |