Permainan Teknik Drumset Dalam Mengiringi Lagu Model Besibero Menggunakan Metode Drill Bagi Mahasiswa Minat Musik Semester VI Program Studi Pendidikan Musik

MADU, Juliao Vidal Marques (2020) Permainan Teknik Drumset Dalam Mengiringi Lagu Model Besibero Menggunakan Metode Drill Bagi Mahasiswa Minat Musik Semester VI Program Studi Pendidikan Musik. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
cover, kata pengantar, dll - fix.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (400kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (780kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (99kB)

Abstract

Drum adalah salah satu alat musik yang memiliki fungsi memberikan tempo dalam suatu lagu atau karya musik terutama pada musik populer. Alat ini memiliki peran yang sangat penting dalam ansamble combo atau ansamble musik lainya. Pada umumnya drum terdiri dari snare, tom-tom, floor tom, bass drum, pedal, hi-hat, ride cymbal dan crash cymbal dan masih banyak lagi alat tambahan yang bisa menjadi bagian-bagian pada drum seperti, cowbell, jamblock, double pedal dan lain-lain. Dalam permainan drum ada cara membaca notasi cara membaca notasi drum sama dengan membaca notasi alat musik lain. Perbedaannya hanya pada tempat dan bentuk notasinya. Mengenai aturannya secara garis besar sama persis. Andaikata sudah tahu cara membaca not balok clef treble, pasti akan mudah membaca notasi drum. Maka dari itu peneliti mengangkat judul ‘permainan teknik drumset dalam mengiringi lagu model besibero menggunakan metode drill bagi mahasiswa minat musik semester vi program studi pendidikan musik ”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana upaya ‘permainan teknik drumset dalam dalam mengiringi lagu model besibero menggunkan metode drill bagi mahasiswa minat musik semester vi program studi pendidikan musik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan ‘permainan teknik drumset dalam mengiringi lagu model besibero menggunakan metode drill bagi mahasiswa minat musik semester VI Program Studi Pendidikan Musik. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode tindakan lapangan. Berdasarkan data yang diperoleh, maka penelitian menggunakan jenis data primer dan sekunder. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik studi lapangan yang terdiri dari observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses latihan yang dilakukan peneliti untuk ’memperkenalkan cara membaca notasi pada alat musik drumsetdalam model lagu besibero melalu melalui metode drill bagi mahasiswa minat musik minat musik semester VI Program Studi Pendidikan Musik. Pertemuan pertama diawali dengan penjelasan pengertian materi pengertian drumset secara umum, posisi duduk dan memegang stick, teknik permainan drumset, dasar-dasar membaca not dan letak not (tanda not) drum pada garis paranada. Pada pertemuan kedua sampai pertemuan keenam peneliti memberikan latihan berupa etude-etude serta lagu model perbagian sampai mendapatkan hasil yang baik. Selama proses latihan hingga pementasan, banyak kendala yang ditemukan. Karena subyek penelitian belum menguasai letak not dan tanda not yang diterapkan dalam permainan drum. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang ada, dapat disimpulkan bahwa, proses latihan menggunakan metode drill banyak memberikan perubahan dan perkembangan yang baik bagi subyek penelitian dalam mempelajari cara membaca notasi pada alat musik drum, karena metode ini lebih menekankan pada latihan secara berulang-ulang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknik Drumset, Drumset, Metode Drill,, Mahasiswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 07 Oct 2020 00:49
Last Modified: 07 Oct 2020 00:49
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3348

Actions (login required)

View Item View Item