Pembelajaran Ansambel Gitar Klasik Dalam Lagu Munchen Polka Melalui Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa Minat Gitar Kelas XI SMA Negeri 1 Kupang Barat

NDUN, Adima Yusuf (2020) Pembelajaran Ansambel Gitar Klasik Dalam Lagu Munchen Polka Melalui Metode Imitasi Dan Drill Pada Siswa Minat Gitar Kelas XI SMA Negeri 1 Kupang Barat. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI PROPOSAL PERTAMA.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (115kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (804kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (174kB)

Abstract

Pembelajaran alat musik gitar pada siswa SMA Negeri 1 Kupang Barat merupakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sebagai bagian dari upaya mengembangkan serta meningkatkan bakat siswa dalam bidang musik yang mereka miliki. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya memperkenalkan ansambel gitar klasik dalam lagu munchen polka melalui metode imitasi dan dril pada siswa minat gitar kelas XI SMA Negeri 1 Kupang Barat dalam tangga nada c mayor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses dalam pembelajaran ansambel gitar bagi siswakelas XI minat gitar SMA Negeri 1 Kupang Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan yaitu metode tindakan lapangan. Untuk memperoleh data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran gitar ini dilakukan melalui 3 tahap yakni, tahap awal perekrutan anggota pemain gitar dan penentuan jadwal latihan, tahap inti terdiri dari melatih etude-etude dalam teknik apoyando pada tangga nada c mayor dan teknik tirando pada acord C F dan G7, melatih melodi dan pola iringan lagu secara bertahap dari birama 1-24, serta tahap pemantapan dimana para siswa memainkannya sebelum dipentaskan. Tahap akhir dari penelitian ini yaitu melakukan pementasan ansambel. Dalam pembelajarannya peneliti menemukan kesulitan yang dialami siswa terutama saat memainkan etude berupa tangga nada c mayor serta pola iringan dan juga pada saat memainkan lagu di mana jari para siswa masih sedikit kaku saat memetik ataupun saat berpindah kunci sehingga suara yang dihasilkan menjadi sumbang. Selanjutnya saat bermain bersama para siswa masih kurang kompak dan juga dalam penguasaan tempo. Untuk mengatasi kesulitan itu peneliti melakukan latihan secara terus menerus dan juga memberikan contoh kepada siswa untuk ditiru secara berulang-ulang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran Ansambel Gitar Klasik Dalam lagu Munchen Polka pada Siswa Minat Gitar Kelas XI SMA Negeri 1 Kupang Barat ini dalam prosesnya siswa mengalami kesulitan namun semua hal tersebut dapat diatasi dengan metode drill yang dilakukan secara berulang-ulang dan imitasi yakni peneliti memberikan contoh lalu ditiru.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Munchen Polka dan Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:47
Last Modified: 15 Oct 2020 04:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3491

Actions (login required)

View Item View Item