RANGGA, Theresia Avila (2020) Upaya Memperkenalkan Tari Tradisional Kikit Suku Kemak Kutubaba Belu Utara Melalui Metode Meniru Dan Metode Drill Pada Siswa-Siswi Kelas VIII SMP Negeri 1 Tasi Feto Barat Lakafehan- Atapupu. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
abstraksi.pdf Download (454kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (213kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (274kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (331kB) |
|
Text
BAB IV BARU_compressed.pdf Download (979kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (99kB) |
Abstract
Tari kikit adalah salah satu tarian tradisional yang selam ini hidup dan berkembang dalam kehidupan budaya masyarakata setempat yang perlu digali dan dilestarikan sebab, tarian ini adalah salah satu aset dari berbagai macam tarian yang ada di kabupaten Belu, khususnya dikecamatan kakuluk. Penelitian dengan judul “upaya memperkenalkan tari tradisional kikit suku Kemak Kutubaba Belu Utara melalui metode meniru dan metode drill pada siswa-siswi kelas viii SMP Negeri 1 Tasifeto Barat”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana upaya memperkenalkan tari kikit suku kemak melalui metode meniru dan metode drill pada siswa-siswi minat tari SMP Negeri 1 Tasifeto Barat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan tarian tradisional tari kikit melalui metode meniru dan metode drill pada siswa-siswi minat tari SMP Negeri 1 Tasifeto Barat. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode tindakan lapangan. Berdasarkan data yang diperoleh, maka penelitian menggunakan jenis data primer dan sekunder. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses latihan yang dilakukan peneliti untuk memperkenalkan tari tradisional kikit suku Kemak Kutubaba Belu Utara melalui metode meniru dan metode drill pada siswa-siswi kelas viii SMP Negeri 1 Tasifeto Barat. Latihan diawali dengan penjelasan secara umum tentang tari kikit, cara memukul tihar yang baik dan benar, dan memperkenalkan pukulan yang dilakukan secara berulang oleh penari hingga mendapatkan hasil yang baik pada pertemuan pertama sampai pertemuan ke tiga, pada pertemuan keempat peneliti memberikan contoh pola lantai dan ragam gerak dari setiap pukulan. Pertemuan ke lima merupakan persiapan untuk pentas pada pertemuan keenam. Selama proses latihan pembelajaran tari kikit banyak menemukan kendala karena subjek penelitian baru pertama kali menari dengan gabungan antara tihar dan gong namun kendala tersebut masih bisa diatasai oleh peneliti dengan kerja sama yang baik dari para penari. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang ada, dapat disimpulkan bahwa, proses latihan menggunakan metode meniru dan metode drill banyak memberikan perubahan yang terus berkembang bagi subjek penelitian dalam mempelajari tari tradisional kikit suku kemak kutubaba belu utara, karena metode ini lebih menekankan pada latihan berulang-ulang. Metode ini sangat membantu bagi siswa-siswi yang lamban dalam menangkap apa yang dipraktekan oleh peneliti, karena dengan mengulang secara terus-menerus dapat mengsah kecekatan dan kepekaan siswa-siswi dalam pembelajaran tari tradisioanal (tari kikit)
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tari Tradisional kikit, Metode Meniru, Drill, Siswa-Siswi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > ML Literature of music P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 05:41 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 05:41 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3533 |
Actions (login required)
View Item |