Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAK Sint Carolus Kupang Pada Materi Pokok Keanekaragaman Hayati Tahun Ajaran 2018/2019

MBATUNG, Felisitus R. (2020) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAK Sint Carolus Kupang Pada Materi Pokok Keanekaragaman Hayati Tahun Ajaran 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
Abstrak_Cover.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (441kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (151kB)

Abstract

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah dalam kenyataan lapangan menunjukan bahwa banyak siswa kurang berkonsentrasi dan siswa tidak terlibat aktif saat pembelajaran berlangsung, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Oleh sebab itu salah satu alternatif untuk mengantisipasi masalah ini adalah dengan menerapkan model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAK Sint. Carolus Kupang pada materi pokok Keanekaragaman Hayati Tahun Ajaran 2018/2019 Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 berjumlah sebanyak 20 orang yang diberi perlakuan model Discovery Learning dan kelas X IPA 2 berjumlah sebanyak 20 orang yang diberi perlakuan model Konvensional. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design dan analisis data secara deskripstif dan inferensial dengan menggunakan analisis covaria (anacova). Data hasil belajar siswa berdistribusi secara normal yaitu untuk pretest dan posttest pada kelas yang diberi perlakuan menggunakan model Discovery Learning dan kelas yang diberi perlakuan menggunakan model Konvensional dengan nilai signifikan yaitu > 0,05. Data hasil belajar siswa juga bersifat homogen dengan nilai signifikan > 0,05. Dari hasil analisis kovariat hasil belajar siswa yang mengikuti model Discovery Learning dan model Konvensional dapat dilihat bahwa nilai F hitung dari kedua model pembelajaran adalah sebesar 22.274 dengan nilai signifikansi 0,00 atau lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan perhitungan rerata nilai hasil belajar siswa pada setiap model pembelajaran dapat diketahui bahwa nilai rerata hasil belajar siswa yang menerapkan model Discovery Learning secara signifikan lebih tinggi yaitu 79,25% jika dibandingkan dengan siswa yang dibelajarkan dengan model Konvensional yaitu 70,90%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMAK Sint. Carolus Kupang pada materi pokok Keanekaragaman Hayati Tahun Ajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, model Discovery Learning, materi pokok Keanekaragaman Hayati, hasil belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 04 Nov 2020 05:29
Last Modified: 04 Nov 2020 05:29
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3588

Actions (login required)

View Item View Item