Hadjon, Hendrikus Daeng (2018) Penerapan Model Discovery Learning Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta Didik Kelas X MIA 2 SMA Katolik Sint Carolus Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.
Text
Abstrak.pdf Download (898kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (230kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (304kB) |
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah hasil Penerapan Model Discovery Learning Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta didik Kelas X MIA2 SMA Katolik Sint Carolus Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019? Secara spesifik masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kemampuan pendidik dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan Model Discovery Learning Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta didik Kelas X MIA2 SMA Katolik Sint Carolus Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019? 2). Bagaimana ketuntasan indikator hasil belajar dalam dengan menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta didik Kelas X MIA2 SMA Katolik Sint Carolus Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019? 3) Bagaimana hasil belajar dalam pembelajaran dengan menerapkan Model Discovery Learning Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta didik Kelas X MIA2 SMA Katolik Sint Carolus Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019? 4) Bagaimana respon peserta didik terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan Model Discovery Learning Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta didik Kelas X MIA2 SMA Katolik Sint Carolus Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019? Tujuan utama dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil Penerapan Model Discovery Learning Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta didik Kelas X MIA2 SMA Katolik Sint Carolus Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Secara spesifik, tujuan penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan kemampuan Pendidik dalam mengelola pembelajaran dengan menerapkan Model Discovery Learning Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta didik Kelas X MIA2 SMA Katolik Sint Carolus Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. 2). Mendeskripsikan ketuntasan indikator hasil belajar dengan menerapkan Model Discovery Learning Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta didik Kelas X MIA2 SMA Katolik Sint Carolus Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. 3). Mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan Model Discovery Learning Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta didik Kelas X MIA2 SMA Katolik Sint Carolus Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. 4). Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap kegiatan pembelajaran dengan menerapkan Model Discovery Learning Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta didik Kelas X MIA2 SMA Katolik Sint Carolus Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian adalah deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas X MIA2 SMA Katolik Sint Carolus Kupang yang berjumlah 27 orang. Teknik yang digunakan dalam menentukan subyek penelitian adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan angket. Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, bahan ajar peserta didik, lembar kerja peserta didik. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran model Discovery Learning, Lembar pengamatan hasil belajar Afektif, Lembar pengamatan hasil belajar psikomotor, tes hasil belajar peserta didik, lembar isian respon peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yang meliputi perhitungan skor rata-rata, proporsi dan persentase. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dapat dikatakan bahwa Penerapan Model Discovery Learning Materi Pokok Gerak Lurus Pada Peserta didik Kelas X MIA2 SMA Katolik Sint Carolus Kupang Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 adalah optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Discovery Learning, Hasil Belajar, Gerak Lurus, Deskriptif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | SH Yakobus Naben |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 03:46 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 03:46 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3901 |
Actions (login required)
View Item |