Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan Di SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019

Nona, Emilia Novita (2018) Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan Di SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
file abstrak.pdf

Download (102kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (27kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (117kB)

Abstract

Hasil belajar adalah perubahan tingkah laku seseorang setelah belajar misalnya dari tidak tahu menjadi tahu dan dari tidak mengerti menjadi mengerti. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara peneliti didapatkan bahwa selama proses pembelajaran berlangsung peserta didik kurang aktif , selain itu dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi kelompok dan peserta didik kurang memperhatikan penjelasan guru sehingga hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning berdasarkan masalah terhadap hasil belajar pesert didik pada materi pokok gerak pada tumbuhan Di SMPN 10 Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain The Static pretest-postest desain. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019 dan sampel dalam penelitian ini peserta didik kelas VIII J sebagai kelas eksperimen, Kelas VIII H sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, menghitung rata-rata hasil belajar peserta dididik baik pada kelas kontol maupun kelas eksperimen; dan statistic inverensial yaitu anacova untuk menguji hipotesis. Hasil penelitiannya menunjukkan 1. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen adalah 40,83 pretest naik menjadi 81 pda postes; N-gain nya 0,6 termasuk kategori tinggi. Sedangkan pada kelas control rata-rata hasil belajarnya pada pretest 44,17 naik menjadi 73,33 pada posttest dan N-gainnya 0,5 termasuk kategori sedang. Hasil uji prasyarat data baik kelas eksperimen maupun kelas control adalah normal dan homogeny. Hasil uji anacova menunjukkan bahwa h0 ditolak sedangkan Ha diterima karena signya lebih kecil dari taraf signifikan 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada materi pokok gerak pada tumbuhan Di SMPN 10 Kupang Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh,Model Discovery Learning, Materi Gerak pada Tumbuhan, Hasil Belajar Peserta Didik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 10 Sep 2021 05:18
Last Modified: 10 Sep 2021 05:18
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/3921

Actions (login required)

View Item View Item