TEGU, Venansius Alfredy Malsetura (2020) Strategi Pengembangan Wisata Kuliner Kampung Ujung Oleh Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Manggarai Barat. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.
Text
Abstrak.pdf Download (293kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (362kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (242kB) |
Abstract
Strategi pengembangan wisata kuliner penting untuk diketahui agar dapat mengetahui status objek wisata sekarang apakah sudah baik sesuai dengan apa yang diharapkan. Dilihat dari situasi Labuan Bajo yang sudah ditetapkan sebagai zona wisata premium, tentunya segala aspek dalam upaya pengembangan strategi wisata di dalamnya, perlu terus mengalami inovasi, sehingga mampu bersaing dan memenuhi kebutuhan pasar secara global sesuai dengan tujuan penetapan wisata premium. Melihat keadaan yang ada, penulis ingin mengkaji lebih lanjut mengenai penerapan strategi yang sudah ada, apakah sudah relevan dengan status Labuan Bajo sebagai salah satu dari sekian objek wisata di Indonesia yang ditetapkan sebagai zona wisata premium oleh pemerintah. oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana strategi pengembangan wisata kuliner Kampung Ujung dan apa strategi yang tepat untuk upaya pengembangan wisata kuliner Kampung Ujung agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang wisata kuliner. Pendekatan permasalah dilakukan menggunakan data sekunder melalui penulisan deskriptif kualitatif, sebagai prosedur untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata – kata tertulis atau lisan untuk menjawab dua tujuan penulisan diatas. Analisis yang dilakukan menggunakan data sekunder yang bersumber dari publikasi ilmiah, publikasi website, dokumen –dokumen, dan data statistik yang memberi kemungkinan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan. Penelitian ini menggunakan teori Adrian Payne sebagaimana dikutip dari Ulfa, (2017) yang juga terintegrasi dengan teori Nugroho dan Sugiarti (2007). Hasil penelitian menunjukan : (1) Penerapan strategi pengembangan wisata kuliner Kampung Ujung oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Manggarai Barat, melalui empat unsur strategi bauran pamasaran yang dianggap sangat penting. Yakni; Product (Produk), Price(Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi) menjadi titik penting sebagai instrumen yang mampu menjamin kepuasan pelanggan sehingga, selaras dalam tujuan pengembangan wisata lebih lanjut. (2) Strategi yang tepat untuk upaya pengembangan wisata kuliner Kampung Ujung agar dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang wisata kuliner, terintegrasi dengan strategi pengembangan wisata yang terdiri dari ; a) Objek Daya Tarik (Attraction) nilai kearifan lokal budaya manggarai yang kemudian perlu terintegrasi dengan beberapa strategi pemasaran, yakni produk, dan promosi. b) Fasilitas Pendukung (Ammenities), perluasan ruang adalah salah satu pilihan untuk meminimalisir kehilangan omsed yang ada sekarang. Dilihat bahwa pengelola belum maksimal dalam pemanfaatan ruang yang ada, sehingga perlu ditambah fasilitas pendukung agar meningkatkan jumlah stand. Dengan strategi ini, penulis meyakini bahwa dapat memberikan kepuasan kepada wisatawan. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan, diantaranya bahwa ;a) Objek Daya Tarik Wisata (Attraction), bagi Pemerintah selaku pengelola, agar menambahkan nilai kearifan lokal dalam strategi bauran pemasaran yaitu produk dan promosi. Hal ini, selain memberikan kesan tersendiri bagi penikmat wisata kuliner, nilai kearifan lokal juga menjadi daya tarik tersendiri. b) Fasilitas Pendukung (Amenities),bagi pemerintah selaku pengelola perlu melakukan perluasan ruang pada kawasan wisata kuliner. Perluasan ruang ini dengan melakukan peningkatan jumlah stand yang ada. Dalam hal ini, pemanfaatan ruang kosong di wilayah laut dalam bentuk stand apung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kuliner, strategi pengembangan wisata. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor J Political Science > JS Local government Municipal government |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 01 Nov 2021 01:16 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 01:16 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4570 |
Actions (login required)
View Item |