Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Pada Ruas Jalan H.R Koroh

SUEK, Andri Aprianus (2020) Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Pada Ruas Jalan H.R Koroh. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
0 FILE ABSTRAK.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB V(kesimpulan, saran, daftar pustaka).pdf

Download (475kB)

Abstract

Tingginya aktivitas samping jalan berpengaruh besar terhadap kapasitas dan kinerja jalan pada suatu daerah perkotaan. Diantaranya seperti pejalan kaki, penyeberang jalan, pedagang kaki lima (PKL), kendaraan berhenti sembarangan (angkutan kota, bus dalam kota), parkir dibahu jalan (onstreet parking), dan kendaraan keluar-masuk pada aktivitas guna lahan sisi jalan. Salah satu penyebab tingginya aktivitas samping jalan yaitu disebabkan oleh perkembangan aktivitas penduduk yang setiap tahunnya tumbuh dan berkembang daerah perkotaan. Kemacetan lalu lintas yang terjadi pada ruas jalan H.R Koroh diperkirakan disebabkan oleh sebagian badan jalan digunakan untuk area parkir kendaraan, terutama disekitar lokasi aktivitas perdagangan dan (pada tepi jalan). Yang menjadi dasar utama permasalahan kemacetan pada ruas jalan ini adalah banyaknya pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan pada tepi jalan, dan mungkin juga kondsi geometrik jalan yang tidak memadai, tidak adanya lahan parkir sehingga bahu jalan di manfaatkan para berkendara untuk parkir kendaraan yang membuat kemacetan terjadi sehingga mengurangi kapasitas jalan. Adapun untuk menaikan dan menurunkan barang ataupun penumpang, serta adanya kendaraan yang keluar masuk pada setiap persimpangan jalan sehigga berpengaruh pada kinerja arus lalu lintas pada ruas jalan H.R koroh. Berdasarkan hasil analisis pada ruas jalan tersebut menunjukan bahwa tingginya aktivitas sisi jalan atau hambatan samping cukup berpengaruh terhadap tingkat kinerja arus lalu lintas, maka didapatkan nilai volume arus lalu lintas, hambatan samping, kapasitas, derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan pada ruas jalan tersebut adalah, nilai volume arus lalu lintas maksimum terjadi pada jam 17.45-18.45 dengan total nilai volume arus lalu lintas 1271,75 smp/jam, nilai volume hambatan samping tertinggi terjadi pada hari sabtu jam 18.00- 19.00 dengan total nilai yang didapat 473,50 smp/jam, nilai kapasitas yang didapat 1287,00 smp/jam, hasil perhitungan nilai derajat kejenuhan (DS) 0,99 yang artinya tingkat pelayanan dalam kondisi ini adalah tingkat Pelayanannya E (Arus tidak stabil, kendaraan tersendat).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Volume Lalu Lintas, Hambatan Samping, Kapasitas, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 10 Sep 2021 05:39
Last Modified: 10 Sep 2021 05:39
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4618

Actions (login required)

View Item View Item