Biaya Kemacetan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Jend. Soeharto Di Kota Kupang

NINO, Fridolina (2020) Biaya Kemacetan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Jend. Soeharto Di Kota Kupang. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK COVER.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (371kB)

Abstract

Kemacetan merupakan salah satu masalah yang masih belum terselesaikan pada kota – kota besar di dunia, termasuk di Indonesia. Di kota Kupang khususnya di jalan Jend. Soeharto ini sulit dihindari karena terjadi di jalan umum utama kota kupang yang sering mengalami kemacetan. Fakta dilapangan menunjukan bahwa ada banyak persoalan yang mengganggu aktivitas lalu lintas. Pertama, karena jalan bergelombang disejumlah titik jalan raya di kota kupang. Kedua, parkir sembarang (liar). Kendaraan yang keluar masuk dari daerah pasar, hotel, dan juga pertokoan. Ketiga, Salah satu penyebab parkir liar adalah karena tidak ada tempat parkir yang di sediakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya biaya operasional kendaraan (BOK) dan untuk mengetahui biaya kemacetan akibat tundaan total yang di tanggung oleh pengendara kendaraan. Penelitian ini mengambil kasus pada 4 titik representatif dan segmen jalan terbentang sepanjang 1,023 km dimulai dari depan pasar kasih (jalan srikaya) yang menjadi titik awal sampai depan toko glory (jalan anggrek) yang menjadi titik akhir pada ruas jalan Jend. Soeharto dengan di lakukan perhitungan BOK per jam puncak lalu di ambil rerata per titiknya dengan mengacu pada metode Metode LAPI ITB-PT.Jasa Marga. Maka dapat dihitung biaya kemacetan per jam puncak per kendaraan. Berdasarkan hasil analisis Besaran Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Jalan Soeharto per jamnya berdasarkan nilai rata-rata 9 jam pengamatan, yaitu sebesar Rp. 8,03,- untuk jenis kendaraan sepeda motor (MC), Rp. 201,43- untuk jenis kendaraan mobil (LV) dan Rp. 278,54- untuk jenis kendaraan berat (HV). Besarnya biaya kemacetan yang terjadi akibat tundaan total menimbulkan biaya sosial yang tanpa kita sadari harus di tanggung oleh pengguna jalan di ruas jalan yang terkena macet. Biaya sosial kemacetan ini di pengaruhi oleh biaya waktu dan biaya bahan bakar minyak (BBM). Besarnya biaya kemacetan pada ruas jalan Soeharto adalah Rp. 180,70 jam/Kendaraan/perjalanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemacetan, Biaya operasional kendaraan (BOK); Metode LAPI ITB-PT. Jasa Marga.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 02 Dec 2021 00:54
Last Modified: 02 Dec 2021 00:54
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4678

Actions (login required)

View Item View Item