Pengaruh Persepsi Tentang Risiko Kecelakaan Terhadap Perilaku Berkeselamatan Pengendara Sepeda Motor (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang)

DHIU, Dominggus Xaverius Teda (2020) Pengaruh Persepsi Tentang Risiko Kecelakaan Terhadap Perilaku Berkeselamatan Pengendara Sepeda Motor (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang). Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (588kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB III METODELOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (374kB)

Abstract

Mengemudikan kendaraan diatas batas kecepatan yang diizinkan dan/atau pilihan kecepatan yang terlalu tinggi ( speeding ) merupakan faktor utama penyebab kecelakaan fatal ( WHO, 2008 ) karena berkorelasi langsung dengan besarnya energi tumbukan yang dihasilkan pada saat benturan atau tabrakan. Persepsi merupakan kunci berfikir, mempengaruhi perilaku dan merupakan langkah awal seseorang bertindak (Botteril, 2004). Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh terhadap persepsi mahasiswa FISIP UNWIRA Kupang tentang keselamatan berkendara pada kendaraan roda dua. Penelitian ini dimulai dengan Observasi/Survei pendahuluan dilakukan guna mendapatkan informasi lebih awal mengenai kondisi aktual di lapangan. Pada observasi/survei ini dilakukan untuk mendapatkan informasi jumlah mahasiswa FISIP UNWIRA dan Pengamatan perilaku mahasiswa sebagai pengendara sepeda motor dalam lingkunagan FISIP UNWIRA .Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 150 mahasiswa FISIP UNWIRA. Proses pengelolahan data menggunakan Program SPSS 16. Data – data yang diuji untuk pengaruh antara persepsi dan perilaku pengendara adalah speeding sebagai variabel terikat dan sensasi, hemat waktu, tes kendaraan, informasi lain sebagai variabel bebas. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang dapat disimpulkan bahwa variabel – variabel yang berpengaruh pada perilaku speeding adalah untuk responden Laki – Laki adalah Variabel Sensasi, Hemat Waktu, Informasi Lain dan responden Perempuan adalah Variabel Hemat Waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: persepsi, Mahasiswa FISIP UNWIRA, SPSS 16, Variabel terikat, variabel bebas.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: ST.,MM Inggrit Junita Palang Ama
Date Deposited: 16 Dec 2021 05:46
Last Modified: 16 Dec 2021 05:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/4849

Actions (login required)

View Item View Item