Upaya Memperkenalkan Teknik Penjarian Dalam Permainan Alat Musik Pianika Bagi Siswa-Siswi SMP Negeri Satu Atap Letenaek Desa Inbate Kecamatan Bikomi Nilulat Kabupaten Timor Tengah Utara Dengan Menggunakan Metode Drill Dan Meniru

OKI, Florida (2020) Upaya Memperkenalkan Teknik Penjarian Dalam Permainan Alat Musik Pianika Bagi Siswa-Siswi SMP Negeri Satu Atap Letenaek Desa Inbate Kecamatan Bikomi Nilulat Kabupaten Timor Tengah Utara Dengan Menggunakan Metode Drill Dan Meniru. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
FILE ABSTRAK.pdf

Download (655kB)
[img] Text
FILE BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
FILE BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[img] Text
FILE BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413kB)
[img] Text
FILE BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text
FILE BAB V.pdf

Download (275kB)

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Negeri Satu Atap Letenaek merupakan salah satu dari banyak sekolah yang mengajarkan mata pelajaran seni budaya yang didalamnya diajarkan juga tentang seni musik secara khusus berkaitan dengan alat musik pianika. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SMP Negeri Satu Atap Letenaek kelas VIII minat musik, bahwa keahlian dalam mengenai guru seni budaya masih kurang, sehingga pembelajaran mengenai alat musik pianika hanya sebatas teori tanpa praktek. Oleh karena itu, penulis membuat penelitian dengan judul Upaya mempenalkan teknik penjarian dalam permainan alat musik pianika bagi siswa-siswi SMP Negeri Satu Atap Letenaek Desa Inbate Kecamatan Bikomi Nilulat Kabupaten Timor Tengah Utara menggunakan metode drill dan meniru. Rumusan masalah dalam penelitian ini berdasarakan uraian pada latar belakang di atas maka peneliti dapat merumuskan masalah bagaimana proses pembelajaran permainan alat musik pianika dengan teknik pejarian yang baik dan benar dengan menggunakan metode drill dan meniru. Tujuan penelitian berdasarkan rumusan masalah di atas maka yang menjadi tujuan penulis dalam penelitian ini adalah : Untuk mengetahui proses pembelajaran permainan alat musik pianika dengan penjarian yang benar dengan menggunakan metode drill dan meniru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode deksriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah tindakan lapangan melalui teknik pengumpulan data yang meliputi : teknik observasi wawancara, dan dokumentasi. Dalam proses penelitian ini, siswa-siswi berlatih teknik penjarian tangga nada, etude-etude dan berlatih memainkan lagu model tanah tumpah darahku berulang-ulang dengan menirukan contoh yang diberikan peneliti. Dalam proses penelitian ini, peneliti berperan sebagai pembimbing dalam mengarahkan siswa-siswi untuk menyajikan lagu model dengan baik dan benar. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan penjarian yang baik dan benar pada siswa-siswi minat musik pianika di SMP Negeri Satu Atap Letenaek yang dilakukan selama 9 kali pertemuan cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode drill dan meniru merupakan metode yang tepat dalam pembelajaran pianika karena metode ini dapat membantu peneliti untuk mengatasi kesulitan yang dialami siswa-siswi pada saat proses pembelajaran memainkan alat musik pianika dimana guru dapat memberikan contoh dan siswa-siswi meniru sehingga dapat bermain alat musik pianika dari pertemuan awal sampai pada hasil akhir pementasan dengan teknik penjarian yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Alat musik pianika, teknik penjarian, metode drill dan meniru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Musik
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:47
Last Modified: 04 Nov 2022 02:41
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5039

Actions (login required)

View Item View Item