Kualitas Pelayanan Administrasi Penduduk Di Desa Moramam, Kecamatan Alor Barat Daya, Kabupaten Alor

AIRSYAH, Natanael K. (2020) Kualitas Pelayanan Administrasi Penduduk Di Desa Moramam, Kecamatan Alor Barat Daya, Kabupaten Alor. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
COVER NEW....pdf

Download (705kB)
[img] Text
Bab1.pdf

Download (350kB)
[img] Text
Bab2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Variabel yang diteliti adalah Kualitas Pelayanan Administrasi Penduduk Di Desa Moramam Kecamatan Alor Barat Daya Kabupaten Alor. Yang dimaksud dengan Kualitas Pelayanan Administrasi Penduduk Di Desa Moramam Kecamatan Alor Barat Daya Kabupaten Alor yang ditandai dengan adanya Tangiel (Berwujud), Reliability (Kehandalan), Responsiviness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), Emphaty (Empati). Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah: data primer yaitu para informan yang telah ditentukan; data skunder berupa bahan-bahan tertulis yang mencakup undang-undang atau peraturan terkait, serta refrensi-refrensi yang menjadi panduan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) TANGIBEL (berwujud), Pemerintah Desa Moramam memiliki satu unit kantor Desa yang masih layak pakai sampai sekarang, kantor Desa tersebut menurut pernyatan kepala Desa Moramam sudah beberapa kali di renovasi dari tahun ke tahun. (2) RELIABILITI (Kehandalan), kehandalan aparat Desa Moramam terkait pelayanan administrasi kependudukan masih sering terpengaruh dengan bidang-bidang lain akibatnya pelayanan yang terjadi di Desa Moramam belum berjalan dengan baik. (3) RESPONSIVINESS (Ketanggapan), pemerintah Desa Moramam merespon dengan baik setiap keluhan dari masyarakat, pemerintah Desa juga terus berupaya mengatasi setiap keluhan masyrakat melalui program-progrram unggulan demi mewujudkan kesejahteraan. (4) ASSURANCE (Jaminan), pemerintah Desa memberikan jaminan legalitas dan kepastian dalam pelayanan bagi masyarakat, pelayanan itu harus benar dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta sah dan diakui secara kelembagaan maupun sah secara hukum untuk menjamin asas pertanggungjawaban. (5) EMPHATY (Empati), Aparat Desa Moramam selalu bersikap sopan santun dalam melayani masyarakat dan selalu menepatkan masyarakat pada posisi pertama. Berdasarkan simpulan di atas disarankan agar: (1) Pemerintah Desa Moramam harus memberikan kesempatan yang luas kepada warga masyarakat untuk menyuarakan kepentingannya, juga harus mampu membuat keseimbangan antara program yang bersifat Top Down dengan yang bersifat Bottom Up, serta sekaligus mampu melakukan kontrol terhadap implementasi kebijakan yang telah dibuat. (2) Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten harus terus mengawasi setiap kegiatan pelayanan Administrasi Penduduk. (3)Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten harus terus mengawasi setiap kegiatan pelayanan Administrasi Penduduk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: TANGIBEL (berwujud), RELIABILITI (Kehandalan), ASSURANCE (Jaminan), EMPHATY (Empati)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
J Political Science > JS Local government Municipal government
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: S.Fil Lake Primus Sani
Date Deposited: 27 Apr 2022 04:46
Last Modified: 27 Apr 2022 04:46
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5088

Actions (login required)

View Item View Item