Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Bundaran Pu Kota Kupang (Lokasi Studi : Dimulai Dari Depan Cabang Jln.Soverdi Sampai Depan Cabang Jln.TDM III. Sepanjang 400 Meter)

BEREK, Donatus L. (2020) Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Bundaran Pu Kota Kupang (Lokasi Studi : Dimulai Dari Depan Cabang Jln.Soverdi Sampai Depan Cabang Jln.TDM III. Sepanjang 400 Meter). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (903kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Bundaran PU Kota Kupang’’ (Dimulai dari depan cabang jln. Soverdi sampai depan cabang jln. TDM III. Sepanjang 400 meter). Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Berapa besar pengaruh hambatan samping terhadap kinerja lalu lintas ruas jalan bundaran PU Kota Kupang, (2) Apa solusi yang dapat diberikan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, Lokasi penelitian ini dilakukan pada jalan Bundaran PU, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi hambatan samping yang terjadi pada ruas Jalan Bundaran PU pada dua titik tergolong rendah dan sangat tinggi, sebagai berikut Titik I, bobot maksimum hambatan samping 1677,90 tergolong sangat tinggi berdasarkan standar Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 dan titik II, bobot maksimum hambatan samping 236.50 tergolong rendah berdasarkan standar Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997.Solusi yang tepatuntuk memperbaiki kinerja ruas Jalan Bundaran PU yang dapat ditawarkan adalah menghilangkan hambatan samping berupa kendaraan yang keluar masuk melalui samping jalan. Alternatif yang dapat dilakukan yaitu dengan cara menutup jalur kendaraan yang hendak memasuki jalan Soverdi. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kemacetan pada ruas jalan Bundaran PU. Sebaiknya kendaraan yang hendak menuju ke daerah Oebufu dan sekitarna melalui jalan Bundaran PU, sedangkan kendaran dari Oebufu dan sekitarnya yang hendak ke TDM dan sekitarnya menggunakan jalur Soverdi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: HambatanSamping, Kinerja Lalu lintas, Ruas Jalan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: SH Yakobus Naben
Date Deposited: 11 May 2022 00:58
Last Modified: 11 May 2022 00:58
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/5166

Actions (login required)

View Item View Item