Pengaruh Citra Merek, Asosiasi Merek Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bata Di Toko Bata Kuanino Kota Kupang

OEMATAN, Monica Marcela (2021) Pengaruh Citra Merek, Asosiasi Merek Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bata Di Toko Bata Kuanino Kota Kupang. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (668kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (449kB)

Abstract

Monica M. Oematan (32117048) dengan judul penelitian “Pengaruh Citra Merek, Asosiasi Merek Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bata Di Toko Bata Kuanino Kota Kupang”, dibawah bimbingan Drs. Ec. Gaudensius Djuang, MM selaku Pembimbing I dan Rosadalima Tisu, SE, MM selaku Pembimbing II. Banyaknya jumlah merek dan produk yang bermunculan mengakibatkan Sepatu Bata kalah dalam persaingan, sehingga penjualan Sepatu Bata mengalami penurunan. Konsumen akan mempunyai citra yang buruk mengenai sepatu Bata dan merasa tidak yakin untuk membeli Sepatu Bata. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana persepsi konsumen tentang Citra Merek, Asosiasi Merek, Gambaran Sikap Konsumen dan keputusan pembelian Sepatu Bata di Toko Bata Kuanino Kota Kupang? 2) Apakah Citra Merek, Asosiasi Merek dan Sikap Konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Sepatu Bata di Toko Bata Kuanino Kota Kupang? 3) Apakah Citra Merek, Asosiasi Merek dan Sikap Konsumen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Sepatu Bata di Toko Bata Kuanino Kota Kupang? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli sepatu Bata di Toko Bata Kuanino. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dari jumlah indikator yang digunakan, yaitu sebanyak 16 indikator dan dikalikan 7, sehingga jumlah sampel penelitian ini sebanyak 112 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik acidental sampling. Data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan program SPSS Statistic Version 24. Hasil analisis deskriptif memberikan gambaran variabel Citra Merek sebesar 78,83% (baik), Asosiasi Merek 74,60% (baik), Sikap Konsumen 70,80% (baik) dan variabel Keputusan Pembelian 71,77% (baik). Analisis statistik regresi linear berganda diperoleh persamaan Y= 0,293X1 + 0,064X2 + 0,70X3. Hasil uji t diperoleh thitung untuk variabel Citra Merek sebesar 3,507 dengan nilai signifikan 0,001, variabel Asosiasi Merek sebesar 0,593 dengan nilai signifikan 0,555, dan variabel Sikap Konsumen sebesar 9,651 dengan nilai signifikan 0,000. Variabel Citra merek dan Variabel Sikap konsumen mempunyai nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 dan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya variabel Asosiasi Merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji F menunjukkan nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000, artinya variabel Citra Merek, Asosiasi Merek dan Sikap Konsumen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Bata Di Toko Bata Kuanino Kota Kupang. Nilai koefisien determinasi yang dihasilkan menjelaskan kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 81,4%, sedangkan sisanya sebesar 18,6% dijelaskan oleh variabel lain yang terdapat di luar penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis tersebut, disarankan kepada Toko Bata Kuanino Kota kupang untuk disampaikan kepada Perusahaan Bata, agar menambah spons yang lembut untuk melindungi bagian kaki yang mudah terluka, mengadakan promosi lewat media sosial, baliho dan akun resmi Perusahaan Bata serta menciptakan variasi desain produk yang mengikuti trend dan memiliki varian warna yang beragam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Citra merek, Asosiasi Merek, Sikap Konsumen, dan Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Kom Sela Mikado
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:56
Last Modified: 06 Jun 2022 04:56
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6002

Actions (login required)

View Item View Item