Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Ipa Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 11 Kupang

MBU, Maria Anastasia (2021) Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Ipa Pada Masa Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 11 Kupang. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (275kB)

Abstract

Indonesia saat ini tengah dihadapkan dengan tantangan pandemi covid 19. Akibat dari pandemi covid-19 membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan baru untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 yaitu dengan mengganti kegiatan belajar mengajar yang semula dilakukan secara tatap muka beralih menjadi pembelajaran daring. Salah satu lembaga pendidikan SMP Negeri 11 Kupang merupakan salah satu contoh sekolah yang melaksanakan pembelajaran daring selama pandemi covid-19. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPA pada masa pandemi covid-19 pada peserta didik kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan dilaksanakan di SMP Negeri 11 Kupang pada bulan September 2021, responden dalam penelitian adalah peserta didik kelas VII B Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada peserta didik di sekolah. Skala pengukuran angket menggunakan skala likert. Skala likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat dan persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial. Dari data hasil penelitian ketiga indikator angket yang berjumlah 20 pernyataan, dengan skala likert ini responden diminta untuk melengkapi angket yang mengharuskan mereke menunjukan tingkat persetujuannya terhadap serangkaian pernyataan. Tingkat persetujuan yang dimaksud mempunyai gradasi dari sangat setuju, setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju. Rata-rata perhitungan tiap indikator diperoleh (70,45%), pada indikator pertama, (75,17%), pada indikator kedua, (77,45%), pada indikator ketiga, ini menunjukkan bahwa pembelajaran selama masa pandemic covid-19 efektif untuk dilaksanakan karena menjadi alternative yang baik selama pembelajaran pada masa pandemi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pada masa pandemic covid-19 di SMP Negeri 11 Kupang berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukan dengan rata-rata keseluruhan kategori jawaban dari ketiga indikator sebesar 74,35%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pandemi Covid-19, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology > QR180 Immunology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 30 Apr 2022 00:47
Last Modified: 30 Apr 2022 00:47
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6350

Actions (login required)

View Item View Item