Dampak Menonton Drama Korea School 2015 Who Are You Pada Perilaku Remaja (Studi Kasus Pada Remaja Faot’Auni di Kelurahan Sasi, Kota Kefamenanu)

NDOA, Yustina Bay Unde (2021) Dampak Menonton Drama Korea School 2015 Who Are You Pada Perilaku Remaja (Studi Kasus Pada Remaja Faot’Auni di Kelurahan Sasi, Kota Kefamenanu). Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (204kB)

Abstract

Dalam latar belakang ini ialah drama korea adalah salah satu kesenian yang mengacu kepada drama televisi di Korea dalam sebuah format miniseri dan menggunakan bahasa korea. Banyak dari drama korea yang menjadi populer di seluruh Asia salah satunya drama korea School 2015 Who Are You dan telah menjadi fenomena umum dan menjadi drama korea yang banyak digandrongi oleh para remaja. Dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja dampak menonton drama korea school 2015 who are you pada perubahan perilaku remaja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak menonton drama korea School 2015 Who Are You pada perilaku remaja Faot’Auni. Konsep dalam penelitian ini yaitu dampak kognitif, dampak afektif dan dan dampak psikomotorik yang terjadi perubahan perilaku pada remaja. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang menggunakan hasil observasi dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, verifikasi data dan Penyajian data dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa drama korea School 2015 Who Are You membawa dampak pada perubahan perlaku remaja Faot’Auni yakni a) Dampak kognitif dimana informan mendapatkan pemahaman dan pengetahuan tentang Bulliying yaitu pernah membully dan suka membully, budaya dan adat istiadat orang korea, pemahaman tentang pentingnya peran orang tua memperhatikan anak, saling berkomunikasi antara orang tua dan anak, arti persahabatan/ pertemanan, arti persaudaran, pengetahuan arti kebohongan sehingga melukai perasaan orang lain dan karma dalam kehidupan dan rasa penyesalan dalam diri. sementara b) Dampak afektif dimana informan merasakan perasaan marah, kesal, sedih, bahagia dan senang saat menyaksikan adegan-adegan di dalam drama korea School 2015 Who Are You, c) dampak psikomotorik lainya adalah munculnya perilaku meniru seperti meniru kata bahasa dan fashion yang ditampilkan oleh pemain drama korea School 2015 Who Are You. Setelah melakukan analisis dapat disimpulkan bahwa dari dampak menonton drama korea School 2015 Who Are pada perilaku remaja faot”auni, dampak yang terjadi pada perilaku remaja ialah dampak kognitif. Dampak afektif, dan dampak psikomotorik. Semua dampak ini terjadi dalam kehidupan sehari- hari mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Drama Korea, Remaja, Perubahan Perilaku.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 23 May 2022 00:03
Last Modified: 23 May 2022 00:03
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6543

Actions (login required)

View Item View Item