IKENG, Angela Pascoela Peni Vaz (2016) Pengaruh Kemampuan Keruangan Dan Kreativitas Apptitude Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Dengan Menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Students Teams-Achievement Divisions (STAD), Siswa Kelas X G SMA NEGERI 7 Kupang Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Unika Widya Mandira.
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (281kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (651kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (822kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (447kB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa diduga disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah kemampuan keruangan dan kreativitas apptitude. Pembelajaran kooperatif adalah konsep yang lebih luas meliputi semua jenis kerja kelompok termasuk bentuk-bentuk yang lebih dipimpin oleh guru atau diarahkan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD. (2) Mengetahui kemampuan keruangan siswa kelas X G SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. (3) Mengetahui kreativitas siswa kelas X G SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. (4) a) Mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan keruangan siswa terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan model Cooperative Learning Tipe STAD pada materi hidrokarbon kelas X G SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016, b) mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kreativitas apptitude siswa terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan model Cooperative Learning Tipe STAD pada materi hidrokarbon kelas X G SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016, c) mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kemampuan keruangan dan kreativitas apptitude siswa terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan model Cooperative Learning Tipe STAD pada materi hidrokarbon kelas X G SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. (5) a) Mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemampuan keruangan siswa terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan model Cooperative Learning Tipe STAD pada materi hidrokarbon kelas X G SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016, b) mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kreativitas apptitude siswa terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan model Cooperative Learning Tipe STAD pada materi hidrokarbon kelas X G SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016, c) mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemampuan keruangan dan kreativitas apptitude siswa terhadap hasil belajar kimia dalam penerapan model Cooperative Learning Tipe STAD pada materi hidrokarbon kelas X G SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X G SMA Negeri 7 Kupang berjumlah 32 orang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-asosiatif. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa: (1) Pembelajaran kimia yang menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Students Teams-Achievement Divisions (STAD) efektif pada materi pokok hidrokarbon siswa Kelas X G SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 yang dicirikan a)Guru mampu dalam mengelola kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Cooperative Learning Tipe STAD pada materi hidrokarbon yang ditunjukkan oleh skor rata-rata 3,86 termasuk dalam kategori baik, b)Ketuntasan Indikator hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD meliputi: Ketuntasan indikator hasil belajar sikap spiritual (KI-1) diperoleh dari nilai rata-rata angket dan observasi sebesar 82 dan 86 dinyatakan tuntas, Ketuntasan indikator hasil belajar sikap sosial (KI-2) diperoleh dari nilai rata-rata angket dan observasi sebesar 94 dan 84 dinyatakan tuntas, Ketuntasan indikator hasil belajar kognitif (KI-3) dinyatakan tuntas dengan proporsi rata-rata sebesar 0,84, Ketuntasan indikator hasil belajar ketrampilan (KI-4) diperoleh dari proporsi rata-rata indikator psikomotor, presentasi, portofolio dan THB proses sebesar 0,93, 0,88, 0,92, dan 0,85 dinyatakan tuntas. c) Ketuntasan hasil belajar dengan menerapkan model Cooperative Learning Tipe STAD meliputi: Ketuntasan hasil belajar sikap spiritual (KI-1) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 84,08, Ketuntasan hasil belajar sikap sosial (KI-2) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 88,80, Ketuntasan hasil belajar pengetahuan (KI-3) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 84,43, Ketuntasan hasil belajar keterampilan (KI-4) dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 90,02. (2)Kemampuan Keruangan peserta didik kelas X G SMA Negeri 7 Kupang istimewa dengan skor rata-rata 0,84 atau nilai rata-rata 702. (3) Kreativitas apptitude peserta didik kelas X G SMA Negeri 7 Kupang sangat tinggi dengan presentase rata-rata 86,03%. (4) a) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan keruangan dengan hasil belajar kimia yang menerapkan model Cooperative Learning Tipe STAD pada materi hidrokarbon peserta didik kelas X G SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 dengan korelasi pearson product moment diperoleh nilai rX1Y = 0,63 , dan nilai t hitung t tabel yaitu 4,44 2,04 , b) Ada hubungan yang signifikan antara kreativitas apptitude dengan hasil belajar kimia yang menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD pada materi hidrokarbon peserta didik kelas X G SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 dengan korelasi Pearson Product Moment rX2Y = 0,67, dan nilai t hitung t tabel yaitu 4,96 2,04 ,c) Ada hubungan yang signifikan antara kemampuan keruangan dan kreativitas apptitude terhadap hasil belajar kimia yang menerapkan model Cooperative Learning Tipe STAD pada materi hidrokarbon peserta didik kelas X G SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 dengan korelasi ganda diperoleh nilai rX1X2Y = , dan nilai F hitung F tabel yaitu 13,92 3,33. (5) a) Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan keruangan terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan model Cooperative Learning Tipe STAD pada materi hidrokarbon peserta didik kelas X G SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 yang diperoleh dari persamaan garis regresi sederhana Ya + b1X1 =59,06 + 0,329X1, dan nilai Fhitung Ftabel yaitu 17,88 4,17, b) Ada pengaruh yang signifikan antara kreativitas apptitude terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan model Cooperative Learning Tipe STAD pada materi hidrokarbon peserta didik kelas X G SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 yang diperoleh dari persamaan regresi sederhana Ya + b2X2 = 19,97 + 0,774X2 , dan nilai F hitung F tabel yaitu 24,92 4,17, c) Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan keruangan dan kreativitas apptitude terhadap hasil belajar kimia dengan menerapkan model Cooperative Learning Tipe STAD pada materi hidrokarbon peserta didik kelas X G SMA Negeri 7 Kupang tahun pelajaran 2015/2016 yang diperoleh dari persamaan garis regresi ganda Yˆ a + b1X1 + b2X2 = = + X1 + 0,55X2 , dan nilai F hitung F tabel yaitu 15,66 2,93.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Keruangan, Kreativitas Apptitude, Cooperative Learning Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD), Hidrokarbon |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | S.Kom Sela Mikado |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 03:57 |
Last Modified: | 06 Jun 2022 03:57 |
URI: | http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6749 |
Actions (login required)
View Item |