Studi Literatur Tentang Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa

NDOJE, Yohanes Gone (2021) Studi Literatur Tentang Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (300kB)

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang dengan pesat berdampak pada perubahan berbagai aspek kehidupan manusia yang dapat menimbulkan berbagai permasalahan terutama di bidang pendidikan. Hanya individu yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang mampu bertahan secara produktif di tengah ketatnya persaingan dan makin terbukanya peluang dan tantangan. Salah satu kendala yaitu; pada saat ini kurangnya proses pembelajaran yang inovatif sehingga berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis peserta didik. Oleh karena itu salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi pustaka. Data yang dikumpulkan melalui kepustakaan yang diperoleh berdasarkan hasil penelitian terdahulu dari sumber artikel jurnal pendidikan yang selanjutnya dianalisis untuk memperoleh hasil penelitian. Hasil penelitian dari sepuluh artikel jurnal yang digunakan menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini didukung oleh data hasil uji statistik inferensial untuk setiap pustaka menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel dan nilai signifikansi a<0,05 Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPA melalui studi literatur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, berpikir kritis, Mata pelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Antonia M. Ngole
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:53
Last Modified: 08 Jun 2022 03:53
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/6778

Actions (login required)

View Item View Item