Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Nusantara II Atambua

AMARAL, Fransisca Gerfasia (2022) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Hotel Nusantara II Atambua. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (442kB)

Abstract

Data menunjukkan tingginya persaingan antara hotel dan juga adanya fluktuasi pendapatan dan jumlah kunjungan tamu pada periode Januari – Desember 2020. Hal di atas mengindikasikan adanya potensi sumber daya usaha yang belum dioptimalkan perusahaan termasuk kualitas layanan, harga, lokasi dan kepuasan pelanggan. Untuk itu, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui gambaran persepsi konsumen tentang kualitas pelayanan, harga, lokasi dan kepuasan pelanggan, dan untuk mengetahui signifikansi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat baik secara simultan parsial. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Tahapan analisis data diawali dengan uji validitas dan reliabilitas dan dilanjutkan dengan analisis deskriptif serta analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, pengujian hipotesis statistik hingga penentuan nilai koefisien determinasi (R2). Hasil analisis data menyimpulkan bahwa persepsi konsumen tentang Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi pada Hotel Nusantara II Atambua adalah baik. Hal ini didasarkan pada hasil analisis deskriptif yang dilakukan terhadap keseluruhan variabel dimana rata-rata kategori persepsi responden terhadap kualitas pelayanan adalah 78.80, harga dengan rata-rata 78.50, lokasi dengan rata-rata 79.60, dan kepuasan konsumen dengan rata-rata 77.55. Berdasarkan Levis, keseluruhan rata-rata semua variabel masuk dalam kategori baik. Secara parsial, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan lokasi berpengaruh tidak signifikan. Kesimpulan ini dibuat dari hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikansi untuk variabel kualitas pelayanan dan variabel harga adalah 0.041 dan 0.007 atau berada di bawah 0.05, yang artinya menerima Ha dan menolak H0. Sedangkan variabel lokasi memiliki nilai signifikansi uji t sebesar 0.498 atau berada di atas 0.05, yang artinya menerima H0 dan menerima Ha. Selanjutnya secara simultan, kualitas pelayanan, harga, dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kesimpulan ini dibuat dari hasil uji F yang menunjukkan nilai signifikansi untuk ketiga variabel bebas tersebut yakni sebesar 0.000 atau berada di bawah 0.05, yang artinya menerima Ha dan menolak H0. Selain itu, diketahui pula bahwa ketiga variabel bebas tersebut mampu menjelaskan variabel kepuasan pelanggan sebesar 48.5%, sedangkan 51.5% lainnya, dijelaskan oleh variabel yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Sesuai kesimpulan di atas, disarankan kepada manajemen Hotel Nusantara II Atambua, agar memperhatikan penampilan seluruh karyawan, baik dari sisi berpakaian, kerapihan hingga kebersihan mereka, agar mendapat kesan yang positif, menurunkan tarif kamar hingga pemberian potongan harga atau diskon khususnya bagi pelanggan tetap. Rencana pengembangan hotel ke depannya perlu mencari lokasi yang netral dan tidak bertentangan dengan peraturan pemerintah, dan pihak manajemen hotel juga perlu melakukan evaluasi dan identifikasi berbagai hal yang menjadi catatan atau keluhan konsumen, agar dapat dilakukan perbaikan, baik pada karyawan maupun keseluruhan manajemen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Lokasi, Kepuasan Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomika dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: S.Si Fransisca Gerfasia Amaral
Date Deposited: 15 Aug 2022 00:09
Last Modified: 15 Aug 2022 00:09
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/7643

Actions (login required)

View Item View Item