Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur

KAHUL, Valerianus (2022) Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur. Undergraduate thesis, Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (819kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (697kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Kualitas Pelayanan Aparatur Sipil Negara dalam Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur. Adapun yang menjadi tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan bagaimana Kualitas Pelayanan Aparatur Sipil Negara dalam Pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur. Untuk menganalisis kualitas pelayanan dalam pembuatan Akta Kelahiran, menggunakan indikator pengukuran kualitas pelayanan menurut fandi Tjiptono yaitu Bukti fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer adalah para informan sedangkan data sekunder berupa dokumen atau foto-foto berkaitan dengan variable penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahap analisa data melalui reduksi data, penyajian data, tahap penarikan kesimpulan lalu dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan meninjau semua data yang dikumpulkan yang didukung oleh hasil wawancara dengan pendekatan teori yang dikemukakan oleh Fandy Tjiptono bahwa untuk mengetahui ukuran kualitas sebuah pelayanan dapat dilihat dari lima indikator yaitu Bukti fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan dan Empati. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan Aparatur Sipil Negara dalam pembuatan Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur belum cukup maksimal dalam pelaksanaannya. Hal ini dikarenakan beberapa hal yaitu 1) Masih ada beberapa indikator lain yang belum memadai misalnya peralatan-peralatan yang membantu proses pelayanan seperti ketersediaan komputer, alat print, listrik dan jaringan. 2) Masih terdapat kendala selama pelayanan berlangsung khususnya pada waktu penyelesaian pelayanan yang kurang jelas sehingga hal ini juga berdampak pada ketidakonsistenya petugas terhadap janji pelayanan kepada penerima layanan, 3) Masih terdapat kendala dalam proses pelayanan khususnya berkaitan dengan penanganan keluhan-keluhan dari masyarakat selaku penerima layanan yang masih sangat lamban oleh petugas. Berdasarkan kesimpulan itu maka penulis menyarankan Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur sebaiknya melengkapi lagi bahkan menambah jumlah fasilitas yang masih belum memadai seperti alat pendingin ruangan bila perlu pasang AC biar mengimbangi suhu panas, menambahkan jumlah ruang kamar mandi yang masih sedikit dan kebersihannya, peralatan seperti komputer dan alat print yang masih kurang dari sisi jumlah dan kualitasnya dalam membantu percepatan pelayanan serta melakukan perluasaan ruang pelayanan sehingga masyarakat selaku penerima layanan yang mengantri bisa muat dalam ruangan tunggu yang disediakan, sebaiknya petugas melakukan perbaikan kinerja khususnya berkaitan dengan waktu pelayanan sehingga waktu penyelesaian layanan sesuai dengan SOP yang berlaku dan juga hal ini menyebabkan ketepatan terhadap janji pelayanan kepada masyarakat, sebaiknya petugas merespon dalam bentuk tindakan nyata terkait mengatasi keluhan-keluhan dari masyarakat, menciptakan kerja sama antara petugas Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Manggarai Timur dengan pihak telkomsel dan PLN sehingga permasalahan yang berkaitan dengan jaringan dan kelistrikan bisa teratasi dengan baik. Ataupun untuk masalah kelistrikan bisa di akali dengan menyediakan mesin otomatis yang sewaktu-waktu akan menyala jika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba sehingga proses pelayanan tetap berjalan semestinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Kelahiran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: S.AP Valerianus Kahul
Date Deposited: 28 Aug 2022 08:28
Last Modified: 28 Aug 2022 08:28
URI: http://repository.unwira.ac.id/id/eprint/8014

Actions (login required)

View Item View Item